MAHKAMAH KONSTITUSI
REPUBLIK INDONESIA
------
Oleh: Jimly Asshidiqie
Dalam perkembangan kehidupan bernegara, konstitusi menempati posisi yang sangat penting. Pengertian dan materi muatan konstitusi senantiasa berkembang seiring dengan perkembangan peradaban insan dan organisasi kenegaraan. Dengan meneliti dan mengkaji konstitusi, sanggup diketahui prinsip-prinsip dasar kehidupan bersama dan penyelenggaraan negara serta struktur organisasi suatu negara tertentu. Bahkan nilai-nilai konstitusi sanggup dikatakan mewakili tingkat peradaban suatu bangsa.
Kajian perihal konstitusi semakin penting dalam negara-negara modern ketika ini yang pada umumnya menyatakan diri sebagai negara konstitusional, baik demokrasi konstitusional maupun monarki konstitusional. Konstitusi tidak lagi sekedar istilah untuk menyebut suatu dokumen hukum, tetapi menjadi suatu paham perihal prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan negara (konstitusionalisme) yang dianut hampir di semua negara, termasuk negara-negara yang tidak mempunyai konstitusi sebagai dokumen aturan tertulis serta yang menempatkan supremasi kekuasaan pada parlemen sebagai wujud kedaulatan rakyat.[2]
Untuk memahami konstitusi dan supremasi konstitusi sanggup dilakukan dengan melacak akar sejarah peristilahan dan pengertiannya. Selain itu, supremasi konstitusi juga sanggup dipahami dari sisi legitimasi pembentukan serta tujuan dan hakekatnya.
A. Akar Sejarah Istilah Konstitusi
Dari catatan sejarah klasik terdapat dua perkataan yang berkaitan bersahabat dengan pengertian kita kini tentang konstitusi, yaitu dalam perkataan Yunani Kuno politeia dan perkataan bahasa Latin constitutio yang juga berkaitan dengan kata jus. Dalam kedua perkataan politeia dan constitutio itulah awal mula gagasan konstitusionalisme diekspresikan oleh umat manusia. Kata politeia dari kebudayaan Yunani dapat disebut yang paling renta usianya. Pengertiannya secara luas mencakup
all the innumerable characteristics which determine that state’s peculiar nature, and these include its whole economic and social texture as well as matters governmental in our narrower modern sense. It is a purely descriptive term, and as inclusive in its meaning as our own use of the word ‘constitution’ when we speak generally of a man’s constitution or of the constitution of matter.[3]
Dalam bahasa Yunani Kuno tidak dikenal adanya istilah yang mencerminkan pengertian kata jus ataupun constitutio sebagaimana dalam tradisi Romawi yang tiba kemudian.[4] Dalam keseluruhan sistem berpikir para filosof Yunani Kuno, perkataan constitution adalah ibarat apa yang kita maksudkan kini ini. Perkataan constitution di zaman Kekaisaran Romawi (Roman Empire), dalam bentuk bahasa latinnya, mula-mula digunakan sebagai istilah teknis untuk menyebut the acts of legislation by the Emperor.[5] Bersamaan dengan banyak aspek dari aturan Romawi yang dipinjam ke dalam sistem pemikiran aturan di kalangan gereja, maka istilah teknis constitution juga dipinjam untuk menyebut peraturan-peraturan eklesiastik yang berlaku di seluruh gereja ataupun untuk beberapa peraturan eklesiastik yang berlaku di gereja-gereja tertentu (ecclesiastical province). Oleh lantaran itu, kitab-kitab Hukum Romawi dan Hukum Gereja (Kanonik) itulah yang sering dianggap sebagai sumber rujukan atau acuan paling awal mengenai penggunaan perkataan constitution dalam sejarah.
Pengertian konstitusi di zaman Yunani Kuno masih bersifat materiil, dalam arti belum berbentuk ibarat yang dimengerti di zaman modern sekarang. Namun, perbedaan antara konstitusi dengan aturan biasa sudah tergambar dalam pembedaan yang dilakukan oleh Aristoteles terhadap pengertian kata politea dan nomoi. Pengertian politiea sanggup disepadankan dengan pengertian konstitusi, sedangkan nomoi ialah undang-undang biasa. [6]
Politea mengandung kekuasaan yang lebih tinggi dari pada nomoi, lantaran politea mempunyai kekuasaan membentuk sedangkan pada nomoi tidak ada, lantaran ia hanya merupakan materi yang harus dibentuk biar tidak bercerai-berai. Dalam kebudayaan Yunani istilah konstitusi berhubungan bersahabat dengan ucapan Respublica Constituere yang melahirkan semboyan, Princeps Legibus Solutus Est, Salus Publica Suprema Lex, yang artinya ”Rajalah yang berhak memilih struktur organisasi negara, lantaran dialah satu-satunya pembuat undang-undang”.
Di Inggris, peraturan yang pertama kali dikaitkan dengan istilah konstitusi adalah “Constitutions of Clarendon 1164” yang disebut oleh Henry II sebagai constitutions, avitae constitutions or leges, a recordatio vel recognition,[7] menyangkut korelasi antara gereja dan pemerintahan negara di masa pemerintahan kakeknya, yaitu Henry I. Isi peraturan yang disebut sebagai konstitusi tersebut masih bersifat eklesiastik, meskipun pemasyarakatannya dilakukan oleh pemerintahan sekuler. Namun, di masa-masa selanjutnya, istilah constitutio itu sering pula dipertukarkan satu sama lain dengan istilah lex atau edictum untuk menyebut banyak sekali secular administrative enactments. Glanvill sering menggunakan kata constitution untuk a royal edict (titah raja atau ratu). Glanvill juga mengaitkan Henry II’s writ creating the remedy by grand assize as ‘legalis is a constitutio’,[8] dan menyebut the assize of novel disseisin sebagai a recognitio sekaligus sebagai a constitutio. [9]
Beberapa tahun setelah diberlakukannya Undang-Undang Merton pada tahun 1236, Bracton menulis artikel yang menyebut salah satu ketentuan dalam undang-undang itu sebagai a new constitution, dan mengaitkan satu pecahan dari Magna Carta yang dikeluarkan kembali pada tahun 1225 sebagai constitutio libertatis. Dalam waktu yang hampir bersamaan (satu zaman), Beauma-noir di Perancis berpendapat bahwa “speaks of the remedy in novel disseisin as ’une nouvele constitucion’ made by the kings”. Ketika itu dan selama beradab-abad sesudahnya, perkataan constitution selalu diartikan sebagai a particular administrative enactment much as it had meant to the Roman lawyers. Perkataan constitution ini digunakan untuk membedakan antara particular enactment dari consuetudo atau ancient custom (kebiasaan).
Pierre Gregoire Tholosano (of Toulouse), dalam bukunya De Republica (1578) menggunakan kata constitution dalam arti yang hampir sama dengan pengertian sekarang.[10] Hanya saja kandungan maknanya lebih luas dan lebih umum, lantaran Gregoire menggunakan frase yang lebih tua, yaitu status reipublicae. Dapat dikatakan bahwa di zaman ini, arti perkataan constitution tercermin dalam pernyataan Sir James Whitelocke pada sekitar tahun yang sama, yaitu “the natural frame and constitution of the policy of this Kingdom, which is jus publicum regni”. Bagi James Whitelocke, jus publicum regni itulah yang merupakan kerangka alami dan konstitusi politik bagi kerajaan.
Dari sini, kita sanggup memahami pengertian konstitusi dalam dua konsepsi. Pertama, konstitusi sebagai the natural frame of the state yang sanggup ditarik ke belakang dengan mengaitkannya dengan pengertian politeia dalam tradisi Yunani Kuno. Kedua, konstitusi dalam arti jus publicum regni, yaitu the public law of the realm. Cicero[11] sanggup disebut sebagai sarjana pertama yang menggunakan perkataan constitutio dalam pengertian kedua ini, ibarat tergambar dalam bukunya “De Res Publica”. Di lingkungan Kerajaan Romawi (Roman Empire), perkataan constitutio ini dalam bentuk Latinnya juga digunakan sebagai istilah teknis untuk menyebut the acts of legislation by the Emperor. Menurut Cicero, “This constitution (haec constitution) has a great measure of equability without which men can hardly remain free for any length of time”. Selanjutnya dikatakan oleh Cicero:
Now that opinion of Cato becomes more certain, that the constitution of the republic (consitutionem rei publicae) is the work of no single time or of no single man.
Pendapat Cato sanggup dipahami secara lebih pasti bahwa konstitusi republik bukanlah hasil kerja satu waktu ataupun satu orang, melainkan kerja kolektif dan akumulatif. Oleh lantaran itu, dari sudut etimologi, konsep klasik mengenai konstitusi dan konstitusionalisme sanggup ditelusuri lebih mendalam dalam perkembangan pengertian dan penggunaan perkataan politeia dalam bahasa Yunani dan perkataan constitutio dalam bahasa Latin, serta korelasi di antara keduanya satu sama lain di sepanjang sejarah pemikiran maupun pengalaman praktik kehidupan kenegaraan dan hukum.
Perkembangan-perkembangan demikian itulah yang pada kesudahannya mengantarkan umat manusia pada pengertian kata constitution itu dalam bahasa Inggris modern. Dalam Oxford Dictionary, perkataan constitution dikaitkan dengan beberapa arti, yaitu: “… the act of establishing or of ordaining, or the ordinance or regulation so established”. Selain itu, kata constitution juga diartikan sebagai pembuatan atau penyusunan yang menentukan hakikat sesuatu (the “make” or composition which determines the nature of anything). Oleh lantaran itu, constitution sanggup pula digunakan untuk menyebut “… the body or the mind of man as well as to external objects”.
Dalam pengertiannya yang demikian itu, konstitusi selalu dianggap “mendahului” dan “mengatasi” pemerintahan dan segala keputusan serta peraturan lainnya. A Constitution, kata Thomas Paine, “is not the act of a government but of the people constituting a government”.[12] Konstitusi disebut mendahului, bukan lantaran urutan waktunya, melainkan dalam sifatnya yang superior dan kewenangannya untuk mengikat. Oleh alasannya ialah itu, Charles Howard McIlwain menjelaskan:
In fact, the traditional notion of constitutionalism before the late eighteenth century was of a set of principles embodied in the institutions of a nation and neither external to these nor in existence prior to them.[13]
Secara tradisional, sebelum masa ke-18, konstitutionalisme memang selalu dilihat sebagai seperangkat prinsip-prinsip yang tercermin dalam kelembagaan suatu bangsa dan tidak ada yang mengatasinya dari luar serta tidak ada pula yang mendahuluinya.
Perkembangan konstitusi dan konstitusionalisme juga sanggup dilacak pada peradaban negara-negara Islam. Ketika bangsa Eropa berada dalam keadaan kegelapan pada abad pertengahan (the dark age), di Timur Tengah tumbuh dan berkembang pesat peradaban gres di lingkungan penganut pemikiran Islam. Atas pengaruh Nabi Muhammad SAW, banyak sekali inovasi-inovasi gres dalam kehidupan umat insan yang dikembangkan menjadi pendorong kemajuan peradaban. Salah satunya ialah penyusunan dan penandatanganan persetujuan atau perjanjian bersama di antara kelompok-kelompok penduduk kota Madinah untuk bersama-sama membangun struktur kehidupan bersama yang di kemudian hari berkembang menjadi kehidupan kenegaraan dalam pengertian modern sekarang. Naskah persetujuan bersama itulah yang selanjutnya dikenal sebagai Piagam Madinah (Madinah Charter).
Piagam Madinah ini sanggup disebut sebagai piagam tertulis pertama dalam sejarah umat insan yang sanggup dibandingkan dengan pengertian konstitusi dalam arti modern. Piagam ini dibuat atas persetujuan bersama antara Nabi Muhammad SAW dengan wakil-wakil penduduk kota Madinah tak usang setelah dia hijrah dari Mekkah ke Yastrib, nama kota Madinah sebelumnya, pada tahun 622 M. Para hebat menyebut Piagam Madinah tersebut dengan banyak sekali macam istilah yang berlainan satu sama lain.[14]
Para pihak yang mengikatkan diri atau terikat dalam Piagam Madinah yang berisi perjanjian masyarakat Madinah (social contract) tahun 622 M ini ada tiga belas kelompok komunitas yang secara eksplisit disebut dalam teks Piagam. Ketiga belas komunitas itu ialah (i) kaum Mukminin dan Muslimin Muhajirin dari suku Quraisy Mekkah, (ii) Kaum Mukminin dan Muslimin dari Yatsrib, (iii) Kaum Yahudi dari Banu ‘Awf, (iv) Kaum Yahudi dari Banu Sa’idah, (v) Kaum Yahudi dari Banu al-Hars, (vi) Banu Jusyam, (vii) Kaum Yahudi dari Banu Al-Najjar, (viii) Kaum Yahudi dari Banu ‘Amr ibn ‘Awf, (ix) Banu al-Nabit, (x) Banu al-‘Aws, (xi) Kaum Yahudi dari Banu Sa’labah, (xii) Suku Jafnah dari Banu Sa’labah, dan (xiii) Banu Syuthaybah.
Secara keseluruhan, Piagam Madinah tersebut berisi 47 pasal. Pasal 1, misalnya, menegaskan prinsip persatuan dengan menyatakan: “Innahum ummatan wahidatan min duuni al-naas” (Sesungguhnya mereka adalah ummat yang satu, lain dari (komunitas) insan yang lain).[15] Dalam Pasal 44 ditegaskan bahwa “Mereka (para pendukung piagam) pundak membahu dalam menghadapi penyerang atas kota Yatsrib (Madinah)”. Dalam Pasal 24 dinyatakan “Kaum Yahudi memikul biaya bersama kau mukminin selama dalam peperangan”. Pasal 25 menegaskan bahwa “Kaum Yahudi dari Bani ‘Awf adalah satu umat dengan kaum mukminin. Bagi kaum Yahudi agama mereka, dan bagi kau mukminin agama mereka. Juga (kebebasan ini berlaku) bagi sekutu-sekutu dan diri mereka sendiri, kecuali bagi yang zalim dan yang jahat. Hal demikian akan merusak diri dan keluarganya sendiri.” Jaminan persamaan dan persatuan dalam keragaman tersebut demikian indah dirumuskan dalam Piagam ini, sehingga dalam menghadapi musuh yang mungkin akan menyerang kota Madinah, setiap warga kota ditentukan harus saling pundak membahu.
Dalam hubungannya dengan perbedaan keimanan dan amalan keagamaan, terang ditentukan adanya kebebasan beragama. Bagi orang Yahudi sesuai dengan agama mereka, dan bagi kaum mukminin sesuai dengan agama mereka pula. Prinsip kebersamaan ini bahkan lebih tegas dari rumusan al-Quran mengenai prinsip lakum diinukum walya diin (bagimu agamamu, dan bagiku agamaku) yang menggunakan perkataan “aku” atau “kami” versus “kamu”. Dalam piagam digunakan perkataan mereka, baik bagi orang Yahudi maupun bagi kalangan mukminin dalam jarak yang sama dengan Nabi.
Selanjutnya, pasal terakhir, yaitu Pasal 47 berisi ketentuan epilog yang dalam bahasa Indonesianya adalah:
Sesungguhnya piagam ini tidak membela orang zalim dan khianat. Orang yang keluar (bepergian) aman, dan orang yang berada di Madinah aman, kecuali orang yang zalim dan khianat. Allah ialah penjamin orang yang berbuat baik dan taqwa. (tertanda Muhammad Rasulullah SAW).[16]
Dapat dikatakan bahwa lahirnya Piagam Madinah pada masa ke 7 M itu merupakan penemuan yang paling penting selama abad-abad pertengahan yang memulai suatu tradisi gres adanya perjanjian bersama di antara kelompok-kelompok masyarakat untuk bernegara dengan naskah perjanjian yang dituangkan dalam bentuk yang tertulis. Piagam Madinah ini sanggup disebut sebagai konstitusi tetulis pertama dalam sejarah umat manusia, meskipun dalam pengertiannya sebagai konstitusi modern yang dikenal remaja ini, Konstitusi Amerika Serikat tahun 1787-lah yang pada umumnya dianggap sebagai konstitusi tertulis pertama. Peristiwa penandatangan Piagam Madinah itu dicatat oleh banyak hebat sebagai perkembangan yang paling modern di zamannya, sehingga menghipnotis banyak sekali tradisi kenegaraan yang berkembang di daerah yang dipengaruhi oleh peradaban Islam di kemudian hari. Bahkan pada masa setelah Nabi Muhammad SAW wafat, kepemimpinan dilanjutkan oleh empat khalifah pertama yang biasa dikenal dengan sebutan Khalifatu al-Rasyidin, yaitu Abubakar, Umar ibn Khattab, Utsman ibn Affan, dan Ali ibn Abi Thalib.
B. Konstitusi dan Kedaulatan
Berlakunya suatu konstitusi sebagai aturan dasar yang mengikat didasarkan atas kekuasaan tertinggi atau prinsip kedaulatan yang dianut dalam suatu negara. Jika negara itu menganut paham kedaulatan rakyat, maka sumber legitimasi konstitusi itu ialah rakyat. Jika yang berlaku ialah paham kedaulatan raja, maka raja yang memilih berlaku tidaknya suatu konstitusi. Hal inilah yang disebut oleh para hebat sebagai constituent power yang merupakan kewenangan yang berada di luar dan sekaligus di atas sistem yang diaturnya.[17] Untuk itu, di lingkungan negara-negara demokrasi liberal, rakyatlah yang memilih berlakunya suatu konstitusi.
Hal ini sanggup dilakukan secara pribadi oleh rakyat contohnya melalui referendum, ibarat yang dilakukan di Irlandia pada tahun 1937, atau dengan cara tidak langsung melalui lembaga perwakilan rakyat. Meskipun dalam pembukaan Konstitusi Amerika Serikat (preamble) terdapat perkataan “We the people”, tetapi yang diterapkan sesungguhnya ialah sistem perwakilan, yang pertama kali diadopsi dalam konvensi khusus (special convention) dan kemudian disetujui oleh wakil-wakil rakyat terpilih dalam lembaga perwakilan negara yang didirikan bersama.
Dalam korelasi dengan pengertian constituent power tersebut di atas, muncul pula pengertian constituent act. Konstitusi adalah constituent act, bukan produk peraturan legislatif yang biasa (ordinary legislative act). Constituent power mendahului konstitusi, dan konstitusi mendahului organ pemerintahan yang diatur dan dibuat berdasarkan konstitusi itu. Seperti dikatakan oleh Bryce (1901), konstitusi tertulis merupakan:
The instrument in which a constitution is embodied proceeds from a source different from that whence spring other laws, is regulated in a different way, and exerts a sovereign force. It is enacted not by the ordinary legislative authority but by some higher and specially empowered body. When any of its provisions conflict with the provisions of the ordinary law, it prevails and the ordinary law must give way.[18]
Konstitusi bukanlah undang-undang biasa. Ia tidak ditetapkan oleh lembaga legislatif yang biasa, tetapi oleh tubuh yang lebih khusus dan lebih tinggi kedudukannya. Jika norma aturan yang terkandung di dalamnya bertentangan dengan norma aturan yang terdapat dalam undang-undang, maka ketentuan undang-undang dasar itulah yang berlaku, sedangkan undang-undang harus memberikan jalan untuk itu (it prevails and the ordinary law must give way).
Oleh lantaran itu, dikembangkannya pengertian constituent power berkaitan dengan pengertian hierarki aturan (hierarchy of law). Konstitusi merupakan aturan yang paling tinggi serta paling mendasar sifatnya, lantaran konstitusi merupakan sumber legitimasi atau landasan otorisasi bentuk-bentuk aturan atau peraturan perundang-undangan lainnya. Sesuai dengan prinsip hukum yang berlaku universal, maka biar peraturan-peraturan yang tingkatannya berada di bawah undang-undang dasar sanggup berlaku dan diberlakukan, peraturan-peraturan itu dihentikan bertentangan dengan aturan yang lebih tinggi. Atas dasar budi demikian, maka Mahkamah Agung Amerika Serikat menganggap dirinya memiliki kewenangan untuk menafsirkan dan menguji materi peraturan produk legislatif (judicial review) terhadap materi konstitusi, meskipun Konstitusi Amerika tidak secara eksplisit memperlihatkan kewenangan demikian kepada Mahkamah Agung (The Supreme Court).[19]
C. Gagasan Modern Pengertian Konstitusi
Menurut Brian Thompson, secara sederhana pertanyaan what is a constitution dapat dijawab bahwa “…a constitution is a document which contains the rules for the operation of an organization”.[20] Bagi setiap organisasi kebutuhan akan naskah konstitusi tertulis itu merupakan sesuatu yang niscaya, terutama dalam organisasi yang berbentuk badan aturan (legal body, rechtspersoon). Demikian pula Negara, pada umumnya, selalu memiliki naskah yang disebut sebagai konstitusi atau Undang-Undang Dasar.
Dalam pengertian modern, negara pertama yang sanggup dikatakan menyusun konstitusinya dalam satu naskah UUD seperti kini ini ialah Amerika Serikat (United States of America) pada tahun 1787.[21] Sejak itu, hampir semua negara menyusun naskah undang-undang dasarnya. Beberapa negara yang dianggap hingga kini dikenal tidak mempunyai Undang-Undang Dasar dalam satu naskah tertulis ialah Inggris, Israel, dan Saudi Arabia.[22] Undang-Undang Dasar di ketiga negara ini tidak pernah dibuat tersendiri, tetapi tumbuh menjadi konstitusi dari aturan dan pengalaman praktik ketatanegaraan.[23]
Namun, para hebat tetap sanggup menyebut adanya konstitusi dalam konteks aturan tata negara Inggris, yaitu sebagaimana dikemukakan oleh Phillips Hood and Jackson sebagai:
a body of laws, customs and conventions that define the composition and powers of the organs of the State and that regulate the relations of the various State organs to one another and to the private citizen.[24]
Dengan demikian, ke dalam konsep konstitusi itu tercakup juga pengertian peraturan tertulis, kebiasaan, dan konvensi-konvensi kenegaraan (ketatanegaraan) yang memilih susunan dan kedudukan organ-organ negara, mengatur hubungan antara organ-organ negara itu, dan mengatur korelasi organ-organ negara tersebut dengan warga negara.
Semua konstitusi selalu menjadikan kekuasaan sebagai sentra perhatian, lantaran kekuasaan itu sendiri pada pada dasarnya memang perlu diatur dan dibatasi sebagaimana mestinya. Constitutions, berdasarkan Ivo D. Duchacek, ialah “identify the sources, purposes, uses and restraints of public power”[25] (mengidentifikasikan sumber-sumber, tujuan-tujuan, penggunaan-penggunaan, dan pembatasan-pembatasan kekuasaan umum). Pembatasan kekuasaan pada umumnya dianggap merupakan corak umum materi konstitusi. Oleh alasannya ialah itu pula, konstitutionalisme, ibarat dikemukakan oleh Friedrich, didefinisikan sebagai “an institutionalised system of effective, regularised restraints upon governmental action”.[26] Dalam pengertian demikian, masalah yang dianggap terpenting dalam setiap konstitusi ialah pengaturan mengenai pengawasan atau pembatasan terhadap kekuasaan pemerintahan.[27]
Selain itu, terdapat pendapat beberapa sarjana terkait dengan pengertian dan pemahaman perihal konstitusi. Pandangan beberapa sarjana mengenai konstitusi dapat dikatakan berlainan satu sama lain. Ferdinand Lasalle (1825-1864), dalam bukunya “Uber Verfassungswessen” (1862), membagi konstitusi dalam dua pengertian, yaitu:[28]
(i) Pengertian sosiologis dan politis (sociologische atau politische begrip). Konstitusi dilihat sebagai sintesis antara faktor-faktor kekuatan politik yang nyata dalam masyarakat (de riele machtsfactoren), yaitu misalnya raja, parlemen, kabinet, kelompok-kelompok penekan (preassure groups), partai politik, dan sebagainya. Dinamika korelasi di antara kekuatan-kekuatan politik yang nyata itulah sebenarnya apa yang dipahami sebagai konstitusi;
(ii) Pengertian juridis (juridische begrip). Konstitusi dilihat sebagai satu naskah aturan yang memuat ketentuan dasar mengenai bangunan negara dan sendi-sendi pemerintahan negara.
Ferdinand Lasalle sangat dipengaruhi oleh aliran pikiran kodifikasi, sehingga menekankan pentingnya pengertian juridis mengenai konstitusi. Di samping sebagai cermin korelasi antar aneka kekuatan politik yang nyata dalam masyarakat (de riele machtsfactoren), konstitusi itu pada pokoknya ialah apa yang tertulis di atas kertas undang-undang dasar mengenai lembaga-lembaga negara, prinsip-prinsip, dan sendi-sendi dasar pemerintahan negara.
Ahli lain, yaitu Hermann Heller mengemukakan tiga pengertian konstitusi, yaitu:
(i) Die politische verfassung als gesellschaftlich wirklichkeit. Konstitusi dilihat dalam arti politis dan sosiologis sebagai cermin kehidupan sosial-politik yang nyata dalam masyarakat;
(ii) Die verselbstandigte rechtsverfassung. Konstitusi dilihat dalam arti juridis sebagai suatu kesatuan kaedah aturan yang hidup dalam masyarakat;
(iii) Die geschreiben verfassung. Konstitusi yang tertulis dalam suatu naskah undang-undang dasar sebagai aturan yang tertinggi yang berlaku dalam suatu negara.
Menurut Hermann Heller, undang-undang dasar yang tertulis dalam satu naskah yang bersifat politis, sosiologis, dan bahkan bersifat juridis, hanyalah merupakan salah satu bentuk atau sebagian saja dari pengertian konstitusi yang lebih luas, yaitu konstitusi yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Artinya, di samping konstitusi yang tertulis itu, segala nilai-nilai normatif yang hidup dalam kesadaran masyarakat luas, juga termasuk ke dalam pengertian konstitusi yang luas itu. Oleh lantaran itu pula, dalam bukunya “Verfassungslehre”, Hermann Heller membagi konstitusi dalam 3 (tiga) tingkatan, yaitu:
1) Konstitusi dalam pengertian Sosial-Politik. Pada tingkat pertama ini, konstitusi tumbuh dalam pengertian sosial-politik. Ide-ide konstitusional dikembangkan lantaran memang mencerminkan keadaan sosial politik dalam masyarakat yang bersangkutan pada ketika itu. Konstitusi pada tahap ini sanggup digambarkan sebagai kesepakatan-kesepakatan politik yang belum dituangkan dalam bentuk aturan tertentu, melainkan tercerminkan dalam sikap nyata dalam kehidupan kolektif warga masyarakat;
2) Konstitusi dalam pengertian Hukum. Pada tahap kedua ini, konstitusi sudah diberi bentuk aturan tertentu, sehingga perumusan normatifnya menuntut pemberlakuan yang sanggup dipaksakan. Konstitusi dalam pengertian sosial-politik yang dilihat sebagai kenyataan tersebut di atas, dianggap harus berlaku dalam kenyataan. Oleh lantaran itu, setiap pelanggaran terhadapnya haruslah sanggup dikenai bahaya hukuman yang pasti;
3) Konstitusi dalam pengertian Peraturan Tertulis. Pengertian yang terakhir ini merupakan tahap terakhir atau yang tertinggi dalam perkembangan pengertian rechtsverfassung yang muncul sebagai jawaban pengaruh aliran kodifikasi yang menghendaki biar berbagai norma aturan sanggup dituliskan dalam naskah yang bersifat resmi. Tujuannya ialah untuk maksud mencapai kesatuan aturan atau unifikasi aturan (rechtseineheid), kesederhanaan hukum (rechtsvereenvoudiging), dan kepastian aturan (rechtszekerheid).
Namun, berdasarkan Hermann Heller, konstitusi tidak sanggup dipersempit maknanya hanya sebagai undang-undang dasar atau konstitusi dalam arti yang tertulis sebagaimana yang lazim dipahami lantaran efek aliran kodifikasi. Di samping undang-undang dasar yang tertulis, ada pula konstitusi yang tidak tertulis yang hidup dalam kesadaran aturan masyarakat.
Ahli lain yang pemikirannya banyak terkait dengan konstitusi ialah Carl Schmitt. Menurut Carl Schmitt, konstitusi dapat dipahami dalam 4 (empat) kelompok pengertian. Keempat kelompok pengertian itu adalah: (a) konstitusi dalam arti otoriter (absoluter verfassungsbegriff), (b) konstitusi dalam arti relatif (relativer verfassungsbegriff), (c) konstitusi dalam arti positif (der positive verfassungsbegriff), dan (d) konstitusi dalam arti ideal (idealbegriff der verfassung).
Keempat kelompok pengertian tersebut sanggup dirinci lagi menjadi 8 (delapan) pengertian, yaitu (1) Konstitusi dalam arti otoriter (Absolute Verfassungsbegriff). Dalam arti absolute, arti konstitusi dapat dibedakan dalam 4 (empat) macam, yaitu: (i) konstitusi sebagai cermin dari de reaale machtsfactoren, (ii) Konstitusi dalam arti otoriter sebagai forma-formarum (vorm der vormen), (iii) konstitusi dalam arti otoriter sebagai factor integratie, (iv) konstitusi dalam arti otoriter sebagai norma-normarum (norm der normen); (2) Konstitusi dalam arti relatif (Relatieve Verfassungsbegriff) yang sanggup dibagi lagi menjadi 2 (dua), yaitu (v) konstitusi dalam arti materiel (Constitutite in Materiele Zin) dan (vi) konstitusi dalam arti formil (Constitutite in Formele Zin); Sedangkan dua arti yang terakhir ialah (3) Konstitusi dalam arti positif (Positieve Verfassungsbegriff) sebagai konstitusi dalam arti yang ke-7, dan (vii) konstitusi dalam arti ideal (Idealbegriff der verfassung) sebagai konstitusi dalam arti yang ke-8 (viii).
Konstitusi dalam Arti Absolut (Absolute Verfassungsbegriff) sebagai cermin dari de reele machtsfactoren dipahami sebagai sekumpulan norma-norma aturan dasar yang terbentuk dari pengaruh-pengaruh antar berbagai faktor kekuasaan yang nyata (de reele machtsfactoren) dalam suatu negara. Berbagai faktor kekuasaan yang nyata itu ialah raja, pemerintah/kabinet, parlemen, partai-partai politik, kelompok penekan (pressure groups) atau kelompok kepentingan, pers, lembaga peradilan, lembaga-lembaga yang menjalankan fungsi-fungsi kekuasaan negara lainnya, dan semua organisasi yang ada dalam negara yang bersangkutan.
Dengan perkataan lain, semua kekuatan politik yang ada dalam negara itu secara nyata mempengaruhi terbentuknya norma-norma dasar yang kemudian tersusun menjadi apa yang disebut sebagai konstitusi itu. Oleh lantaran itu, ibarat dalam pandangan Ferdinand Lassalle,[29] konstitusi itu menggambarkan hubungan-hubungan antar faktor-faktor kekuasaan yang nyata (de riele machts factoren) dalam dinamika kehidupan bernegara. Di dalam pengertian pertama ini, konstitusi dianggap sebagai kesatuan organisasi yang nyata yang meliputi semua bangunan aturan dan semua organisasi-organisasi yang ada di dalam negara. [30]
Konstitusi dalam Arti Absolut (Absolute Verfassungsbegriff) sebagai forma-formarum (vorm der vormen) dilihat sebagai vorm atau bentuk dalam arti ia mengandung ide perihal bentuk negara, yaitu bentuk yang melahirkan bentuk lainnya atau vorm der vormen, forma-formarum. Bentuk negara yang dimaksud di sini ialah negara dalam arti keseluruhannya (sein ganzheit), yang sanggup berbentuk demokrasi yang bersendikan identitas atau berbentuk monarki yang bersendikan representasi. Dalam kaitan ini, ada 3 (tiga) asas (staatsprincipe) yang sanggup ditarik dari pengertian demikian, yaitu (i) principe van de staatsvorm, asas dari bentuk negara; (ii) principe van en uit de staatsvorm, yaitu asas dari atau yang timbul dari bentuk negara; dan (iii) regeringsprincipe atau asas pemerintahan.
Asas bentuk negara (principe van staatsvorm) mencakup prinsip kesamaan atau identiteit dan representatie. Identiteit merupakan asas-asas yang berhubungan dengan bentuk demokrasi, di mana bagi rakyat yang memerintah dan yang diperintah berlaku prinsip persamaan identitas atau identik satu sama lain. Sedangkan, representatie atau perwakilan merupakan asas yang berafiliasi dengan prinsip bahwa yang memerintah dipandang sebagai wakil dari rakyat (representant van het volk).
Mengapa dalam demokrasi terdapat sendi identitas dan dalam monarki terdapat sendi representasi? Demokrasi, baik pribadi maupun tidak langsung, bersendi pada rakyat yang memerintah dirinya sendiri, sehingga antara yang memerintah dan yang diperintah bersifat identik yaitu sama-sama rakyat. Dalam monarki, asas yang digunakan ialah representasi lantaran baik raja maupun kepala negara dalam negara yang demokratis hanya merupakan wakil atau mandataris dari rakyat, lantaran pada dasarnya kekuasaan itu ada pada rakyat dan berasal dari rakyat.[31]
Sementara itu, asas dari atau yang timbul dari bentuk negara (principe van en uit de staatsvorm) mencakup asas-asas dari bentuk negara (principe van de staatsvorm) dan asas atau sendi-sendi dasar tertib negara (principe uit de staatsvorm). Menurut Carl Schmitt, para sarjana klasik dan modern ibarat tercermin dalam pandangan Arsitoteles dan Hans Kelsen, sama-sama memandang pentingnya prinsip kebebasan (vrijheid, freedom) dan persamaan (gelijkheid, equality) sebagai sandaran bagi sistem demokrasi modern.
Konstitusi dalam Arti Absolut (Absolute Verfassungsbegriff) sebagai factor integratie melihat konstitusi sebagai faktor integrasi. Secara teoritis (integration theory), integrasi itu sendiri sanggup dibedakan ke dalam tiga macam, yaitu (i) persoonlijke integratie, (ii) zakelijke integratie, dan (iii) functioneele integratie. Persoonlijke integratie mengandaikan jabatan kepemimpinan sebagai faktor integrasi, misalnya, presiden. Sedangkan dalam zakelijke integratie, yang menjadi faktor penentu ialah hal-hal yang objektif dan zakelijk, bukan yang bersifat subjektif atau persoonlijk. Misalnya, dikatakan bahwa bangsa Indonesia dipersatukan di bawah satu kesatuan sistem konstitusi berdasarkan UUD 1945, sesuai dengan prinsip the rule of law, and not of man. Bangsa Indonesia juga dipersatukan sebagai bangsa oleh satu bahasa persatuan atau bahasa nasional, yaitu bahasa Indonesia. Sementara itu, integrasi fungsional (functioneele integratie) ialah faktor integrasi yang bersifat fungsional, baik dalam arti yang konkrit atau dalam arti yang abstrak.
Dalam arti fungsional yang konkrit, misalnya, integrasi melalui pemilihan umum (pemilu) atau referendum yang mempersatukan perhatian segenap warga negara ke arah satu tujuan, yaitu memilih pilihan politik mengenai siapa yang akan ditetapkan duduk menjadi wakil rakyat atau pejabat publik tertentu. Sedangkan, integrasi yang bersifat ajaib dan simbolis, misalnya, ialah bendera dan lambang garuda Pancasila yang sanggup pula berfungsi sebagai faktor integrasi fungsional (functioneele integratie).
Konstitusi dalam Arti Absolut (Absolute Verfassungsbegriff) sebagai norma-normarum (norm der normen) melihat norma dasar (grund norm) ialah norma yang menjadi dasar bagi terbentuk dan berlakunya norma hukum lainnya. Suatu norma berlaku lantaran didasarkan atas norma yang lebih tinggi, dan demikian seterusnya hingga ke norma yang paling tinggi yaitu grund norm. Oleh lantaran itu, setiap norma dibentuk oleh norma yang lebih tinggi, norma-normarum atau norm der normen. Berhubung dengan itu, norma dasar yang tertinggi berfungsi sebagai ursprung atau tempat asal mulanya norma diturunkan, sehingga grund norm itu disebut juga dengan ursprungsnorm atau norma asal. Di pihak lain, grund norm itu sendiri pada pokoknya juga merupakan bentukan normatif yang bersifat hipotesis. Untuk itu, grund norm biasa disebut juga dengan hypothetisch norm.
Konstitusi dalam Arti Relatif (Relatieve Verfassungsbegriff) sebagai konstitusi dalam Arti Materiel (Constitutite in Materiele Zin) dimaksudkan sebagai konstitusi yang terkait dengan kepentingan golongan-golongan tertentu dalam masyarakat (proces relativering).[32] Golongan dimaksud terutama ialah golongan borjuis liberal yang menghendaki adanya jaminan supaya hak-haknya tidak dilanggar oleh penguasa. Jaminan itu diletakkan dalam Undang-Undang Dasar yang ditulis sehingga orang tidak gampang melupakannya dan juga tidak gampang hilang serta sanggup dijadikan alat bukti (bewijsbaar) apabila seseorang memerlukannya. Dalam arti yang kedua ini, konstitusi sanggup pula dibagi lagi ke dalam dua sub pengertian yakni (i) konstitusi sebagai tuntutan dari golongan borjuis liberal biar hak-haknya dijamin tidak dilanggar oleh penguasa, dan (ii) konstitusi dalam arti formil atau konstitusi yang tertulis.
Konstitusi dalam Arti Relatif (Relatieve Verfassungsbegriff) sebagai konstitusi dalam Arti Formil (Constitutie in Formele Zin) yang juga memunculkan pertanyaan apakah yang dimaksud dengan konstitusi dalam arti materiil (constitutie in materiele zin)? Konstitusi dalam arti materiil adalah konstitusi yang dilihat dari segi isinya. Isi konstitusi itu menyangkut hal-hal yang bersifat dasar atau pokok bagi rakyat dan negara. Karena pentingnya hal-hal yang bersifat dasar atau pokok bagi rakyat dan negara tersebut, maka untuk membuat konstitusi itu diharapkan mekanisme yang khusus. Prosedur khusus itu sanggup dilakukan sepihak, dua pihak, atau banyak pihak. Prosedur itu dilakukan sepihak lantaran ia merupakan kehendak dari satu orang yang menamakan dirinya eksponen dari rakyat atau seorang diktator. Bisa juga dilakukan oleh dua pihak lantaran Konstitusi merupakan hasil persetujuan dari dua golongan dalam masyarakat yaitu contohnya antara rakyat di satu pihak dan Raja di lain pihak pada zaman masa pertengahan. Sedangkan, sanggup banyak pihak dikarenakan Konstitusi itu merupakan hasil persetujuan dari banyak pihak yaitu antara wakil-wakil rakyat yang duduk dalam suatu tubuh yang bertugas menciptakan Konstitusi (badan Konstitusi).
Hasil dari persetujuan atau perjanjian itu diletakkan dalam suatu naskah tertulis. Di sinilah muncul pengertian yang sama antara konstitusi dalam arti formil (constitutie in formele zin) dan konstitusi dalam arti tertulis (gedocumenteerd constitutie). Padahal, keduanya berbeda satu dengan yang lain, lantaran konstitusi dalam arti formil (constitutie in materiele zin) itu pada pokoknya tidak selalu dalam bentuk yang tertulis. Dalam pengertian konstitusi dalam arti formil, yang terpenting ialah mekanisme pembentukan konstitusi yang harus dilakukan secara khusus. Kekhususan konstitusi merupakan keniscayaan, lantaran isi konstitusi itu sendiri diakui sangatlah penting dan mendasar, yaitu berkenaan dengan perikehidupan bernegara yang menyangkut nasib seluruh rakyat. Oleh lantaran itu, cara membentuk, mengubah, dan mengganti konstitusi haruslah ditentukan secara istimewa pula.
Selain beberapa pengertian yang diuraikan di atas, Carl Scmitt juga menyebut adanya pengertian konstitusi dalam arti positif (positieve verfassungsbegriff)[33] yang dihubungkannya dengan pemikiran mengenai dezisionismus atau teori tentang keputusan. Dalam pandangan Carl Schmitt, Konstitusi dalam arti positif tersebut mengandung pengertian sebagai produk keputusan politik yang tertinggi,[34] yang dihubungkannya dengan terbentuknya Undang-Undang Dasar Weimar pada tahun 1919. Undang-Undang Dasar Weimar itu sangat menentukan nasib rakyat seluruh Jerman, lantaran Undang-Undang Dasar itu menimbulkan perubahan yang sangat mendasar terhadap struktur pemerintahan yang usang ke stelsel pemerintahan yang baru. Sistem pemerintahan usang yang didasarkan atas stelsel monarki di mana Raja memegang kekuasaan yang sangat berpengaruh dan sentral diubah oleh Konstitusi Weimar itu menjadi suatu pemerintahan dengan sistem parlementer.
Dalam hubungannya dengan Konstitusi pada arti positif atau the positive meaning of the constitution, maka pemikiran Profesor Carl Schmitt ini sanggup pula diterapkan kepada peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia. Misalnya, kita sanggup mengajukan pertanyaan apakah pembentukan Undang-Undang Dasar 1945 itu merupakan konstitusi dalam arti positif atau bukan? Dikarenakan pembuatan Undang-Undang Dasar 1945 hanya merupakan salah satu di antara keputusan-keputusan politik yang tinggi, maka ia belum merupakan Konstitusi dalam arti positif. Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 adalah suatu Konstitusi dalam arti positif, lantaran ia merupakan satu-satunya keputusan politik yang tertinggi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia yang merubah dari suatu bangsa yang dijajah menjadi bangsa yang merdeka. Undang-Undang Dasar 1945 dilahirkan sehabis proklamasi kemerdekaan, sebagai tindak lanjut dari proklamasi kemerdekaan itu.
Sedangkan konstitusi dalam Arti Ideal (Idealbegriff der verfassung)[35] dilihat sebagai sesuatu yang diimpikan atau diidamkan oleh kaum borjuis liberal ibarat tersebut di atas sebagai jaminan bagi rakyat biar hak-hak asasinya dilindungi. Pandangan ideal perihal konstitusi tersebut sanggup dikatakan lahir sehabis terjadinya Revolusi Perancis, di mana ketika itu yang menjadi tuntutan golongan revolusioner Perancis ialah biar pihak penguasa tidak melaksanakan tindakan yang sewenang-wenang terhadap rakyat.
D. Tujuan dan Hakikat Konstitusi
Di kalangan para hebat hukum, pada umumnya dipahami bahwa aturan mempunyai tiga tujuan pokok, yaitu (i) keadilan (justice), (ii) kepastian (certainty atau zekerheid), dan (iii) kebergunaan (utility). Keadilan itu sepadan dengan keseimbangan (balance, mizan) dan kepatutan (equity), serta kewajaran (proportionality). Sedangkan, kepastian aturan terkait dengan ketertiban (order) dan ketenteraman. Sementara, kebergunaan diharapkan sanggup menjamin bahwa semua nilai-nilai tersebut akan mewujudkan kedamaian hidup bersama.
Oleh lantaran konstitusi itu sendiri ialah aturan yang dianggap paling tinggi tingkatannya, maka tujuan konstitusi sebagai aturan tertinggi itu juga untuk mencapai dan mewujudkan tujuan yang tertinggi. Tujuan yang dianggap tertinggi itu adalah: (i) keadilan, (ii) ketertiban, dan (iii) perwujudan nilai-nilai ideal ibarat kemerdekaan atau kebebasan dan kesejahteraan atau kemakmuran bersama, sebagaimana dirumuskan sebagai tujuan bernegara oleh para pendiri negara (the founding fathers and mothers).
Sehubungan dengan itulah maka beberapa sarjana merumuskan tujuan konstitusi itu ibarat merumuskan tujuan negara, yaitu negara konstitusional, atau negara berkonstitusi. Menurut J. Barents, ada 3 (tiga) tujuan negara, yaitu (i) untuk memelihara ketertiban dan ketenteraman, (ii) mempertahankan kekuasaan, dan (iii) mengurus hal-hal yang berkenaan dengan kepentingan-kepentingan umum.[36]Sedangkan, Maurice Hauriou menyatakan bahwa tujuan konstitusi ialah untuk menjaga keseimbangan antara (i) ketertiban (orde), (ii) kekuasaan (gezag), dan (iii) kebebasan (vrijheid).[37]
Kebebasan individu warga negara harus dijamin, tetapi kekuasaan negara juga harus berdiri tegak, sehingga tercipta tertib bermasyarakat dan bernegara. Ketertiban itu sendiri terwujud apabila dipertahankan oleh kekuasaan yang efektif dan kebebasan warga negara tetap tidak terganggu. Sementara itu, G.S. Diponolo merumuskan tujuan konstitusi ke dalam lima kategori, yaitu (i) kekuasaan, (ii) perdamaian, keamanan, dan ketertiban, (iii) kemerdekaan, (iv) keadilan, serta (v) kesejahteraan dan kebahagiaan.[38]
E. Supremasi Konstitusi Dan Negara Hukum
Ide negara aturan sesungguhnya telah usang dikembangkan oleh para filsuf dari zaman Yunani Kuno sejalan dengan perkembangan pemahaman konstitusi itu sendiri. Plato, dalam bukunya “the Statesman” dan “the Law” menyatakan bahwa negara aturan merupakan bentuk paling baik kedua (the second best) guna mencegah kemerosotan kekuasaan seseorang ialah pemerintahan oleh hukum. Konsep negara aturan modern di Eropa Kontinental dikembangkan dengan menggunakan istilah Jerman yaitu “rechtsstaat” antara lain oleh Immanuel Kant, Paul Laband, Julius Stahl, Fichte, dan lain-lain. Sedangkan dalam tradisi Anglo Amerika konsep negara aturan dikembangkan dengan sebutan “The Rule of Law” yang dipelopori oleh A.V. Dicey. Selain itu, konsep negara aturan juga terkait dengan istilah nomokrasi (nomocratie) yang berarti bahwa penentu dalam penyelenggaraan kekuasaan negara ialah hukum.[39]
Prinsip-prinsip negara aturan senantiasa berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta semakin kompleksnya kehidupan masyarakat di era global, menuntut pengembangan prinsip-prinsip negara hukum. Dua informasi pokok yang senantiasa menjadi ilham perkembangan prinsip-prinsip negara aturan ialah masalah pembatasan kekuasaan dan sumbangan HAM. Saat ini, paling tidak sanggup dikatakan terdapat dua belas prinsip negara hukum, yaitu Supremasi Konstitusi (supremacy of law), Persamaan dalam Hukum (equality before the law), Asas Legalitas (due process of law), Pembatasan Kekuasaan (limitation of power), Organ Pemerintahan yang Independen, Peradilan yang Bebas dan Tidak Memihak (independent and impartial judiciary), Peradilan Tata Usaha Negara (administrative court), Peradilan Tata Negara (constitutional court), Perlindungan Hak Asasi Manusia, Bersifat Demokratis (democratische-rehtsstaats), Berfungsi sebagai Sarana Mewujudkan Tujuan Bernegara (Welfare Rechtsstaat), serta Transparansi dan Kontrol Sosial.[40]
Dalam suatu negara hukum, mengharuskan adanya ratifikasi normatif dan empirik terhadap prinsip supremasi hukum, yaitu bahwa semua masalah diselesaikan dengan aturan sebagai pedoman tertinggi. Pengakuan normatif mengenai supremasi aturan terwujud dalam pembentukan norma aturan secara hirarkis yang berpuncak pada supremasi konstitusi. Sedangkan secara empiris terwujud dalam sikap pemerintahan dan masyarakat yang mendasarkan diri pada aturan hukum.
Dengan demikian, segala tindakan pemerintahan harus didasarkan atas peraturan perundang-undangan yang sah dan tertulis. Peraturan perundang-undangan tersebut harus ada dan berlaku terlebih dulu atau mendahului perbuatan yang dilakukan. Dengan demikian, setiap perbuatan administratif harus didasarkan atas aturan atau rules and procedures.
Namun demikian, prinsip supremasi aturan selalu diiringi dengan dianut dan dipraktekkannya prinsip demokrasi atau kedaulatan rakyat yang menjamin kiprah serta masyarakat dalam proses pengambilan keputusan kenegaraan, sehingga setiap peraturan perundang-undangan yang diterapkan dan ditegakkan mencerminkan perasaan keadilan masyarakat. Hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dihentikan ditetapkan dan diterapkan secara sepihak oleh dan/atau hanya untuk kepentingan penguasa. Hukum tidak dimaksudkan untuk hanya menjamin kepentingan beberapa orang yang berkuasa, melainkan menjamin kepentingan keadilan bagi semua orang. Dengan demikian negara aturan yang dikembangkan bukan absolute rechtsstaat, melainkan democratische rechtsstaat.
Berdasarkan prinsi negara hukum, sesungguhnya yang memerintah ialah hukum, bukan manusia. Hukum dimaknai sebagai kesatuan hirarkis tatanan norma aturan yang berpuncak pada konstitusi. Hal ini berarti bahwa dalam sebuah negara aturan menghendaki adanya supremasi konstitusi. Supremasi konstitusi disamping merupakan konsekuensi dari konsep negara hukum, sekaligus merupakan pelaksanaan demokrasi lantaran konstitusi ialah wujud perjanjian sosial tertinggi.
F. Mahkamah Konstitusi
Agar konstitusi benar-benar menjadi aturan tertinggi, maka ketentuan-ketentuan dasar konstitusional yang menjadi materi muatannya harus dilaksanakan melalui peraturan perundang-undangan di bawah konstitusi. Peraturan perundang-undangan, baik yang dibuat oleh legislatif maupun peraturan pelaksana yang dibuat oleh direktur dihentikan bertentangan dengan konstitusi itu sendiri.
Salah satu upaya tersebut ialah membentuk peradilan konstitusi ibarat yang secara teoretis dikemukakan oleh Hans Kelsen. Kelsen menyatakan bahwa pelaksanaan aturan konstitusional perihal legislasi sanggup secara efektif dijamin hanya jikalau suatu organ selain dewan legislatif diberikan kiprah untuk menguji apakah suatu produk aturan itu konstitusional atau tidak, dan tidak memberlakukannya jikalau berdasarkan organ ini produk aturan tersebut tidak konstitusional. Untuk itu sanggup diadakan organ khusus ibarat pengadilan khusus yang disebut mahkamah konstitusi (constitutional court), atau kontrol terhadap konstitusionalitas undang-undang (judicial review) diberikan kepada pengadilan biasa, khususnya mahkamah agung ibarat di Amerika Serikat. Organ khusus yang mengontrol tersebut sanggup menghapuskan secara keseluruhan undang-undang yang tidak konstitusional sehingga tidak sanggup diaplikasikan oleh organ lain.[41]
George Jellinek pada selesai masa ke-19 membuatkan gagasan biar kewenangan judicial review tersebut diterapkan di Austria, ibarat yang telah diterapkan oleh John Marshal di Amerika. Pada 1867, Mahkamah Agung Austria mendapat kewenangan menangani sengketa yuridis terkait dengan sumbangan hak-hak politik berhadapan dengan pemerintah. Pemikiran Kelsen yang telah diungkapkan di atas, mendorong dibentuknya suatu lembaga yang diberi nama “Verfassungsgerichtshoft” atau Mahkamah Konstitusi (Constitutional Court) yang berdiri sendiri di luar Mahkamah Agung, sehingga model ini sering disebut sebagai “The Kelsenian Model[42]”. Gagasan ini diajukan ketika Kelsen diangkat sebagai anggota lembaga pembaharu Konstitusi Austria (Chancelery) pada tahun 1919 – 1920 dan diterima dalam Konstitusi Tahun 1920. Inilah Mahkamah Konstitusi pertama di dunia. Model ini menyangkut korelasi antara prinsip supremasi konstitusi (the principle of the supremacy of the Constitution) dan prinsip supremasi parlemen (the principle of the supremacy of the Parliament). Mahkamah konstitusi ini melaksanakan pengujian baik terhadap norma-norma yang bersifat ajaib (abstract review) dan juga memungkinkan pengujian terhadap norma kongkrit (concrete review). Pengujian biasanya dilakukan secara “a posteriori”, meskipun tidak menutup kemungkinan dilakukan pengujian “a priori”.[43]
Walaupun demikian, keberadaan lembaga Mahkamah Konstitusi merupakan fenomena gres dalam dunia ketatanegaraan. Sebagian besar negara demokrasi yang sudah mapan, tidak mengenal lembaga Mahkamah Konstitusi yang berdiri sendiri. Fungsinya biasanya dicakup dalam fungsi Supreme Court yang ada di setiap negara. Salah satu contohnya ialah Amerika Serikat. Fungsi-fungsi yang sanggup dibayangkan sebagai fungsi MK ibarat judicial review dalam rangka menguji konstitusionalitas suatu undang-undang, baik dalam arti formil ataupun dalam arti pengujian materiel, dikaitkan pribadi dengan kewenangan Mahkamah Agung (Supreme Court).[44] Akan tetapi, di beberapa negara lainnya, terutama di lingkungan negara-negara yang mengalami perubahan dari otoritarian menjadi demokrasi, pembentukan MK itu sanggup dinilai cukup populer. Negara-negara ibarat ini sanggup disebut sebagai contoh, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, Lithuania, Ceko, dan sebagainya memandang perlu untuk membentuk MK. Tentu tidak semua negara jenis ini membentuknya. Republik Filipina yang gres mengalami perubahan menjadi demokrasi, tidak mempunyai MK yang tersendiri. Di samping itu, ada pula negara lain ibarat Jerman yang mempunyai Federal Constitutional Court yang tersendiri.
Pemikiran mengenai pentingnya suatu pengadilan konstitusi telah muncul dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia sebelum kemerdekaan. Pada ketika pembahasan rancangan Undang-Undang Dasar di Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), anggota BPUPKI Prof. Muhammad Yamin telah mengemukakan pendapat bahwa Mahkamah Agung (MA) perlu diberi kewenangan untuk membanding Undang-Undang. Namun ide ini ditolak oleh Prof. Soepomo berdasarkan dua alasan, pertama, Undang-Undang Dasar yang sedang disusun pada ketika itu (yang kemudian menjadi Undang-Undang Dasar 1945) tidak menganut paham trias politika. Kedua, pada ketika itu jumlah sarjana aturan kita belum banyak dan belum mempunyai pengalaman mengenai hal ini.
Pada ketika pembahasan perubahan Undang-Undang Dasar 1945 dalam era reformasi, pendapat mengenai pentingnya suatu Mahkamah Konstitusi muncul kembali. Perubahan Undang-Undang Dasar 1945 yang terjadi dalam era reformasi telah menimbulkan MPR tidak lagi berkedudukan sebagai lembaga tertinggi negara dan supremasi telah beralih dari supremasi MPR kepada supremasi konstitusi.[45] Karena perubahan yang mendasar ini maka perlu disediakan sebuah mekanisme institusional dan konstitusional serta hadirnya lembaga negara yang mengatasi kemungkinan sengketa antarlembaga negara yang kini telah menjadi sederajat serta saling mengimbangi dan saling mengendalikan (checks and balances). Seiring dengan itu muncul desakan biar tradisi pengujian peraturan perundang-undangan perlu ditingkatkan tidak hanya terbatas pada peraturan di bawah undang-undang (UU) melainkan juga atas UU terhadap UUD. Kewenangan melaksanakan pengujian UU terhadap Undang-Undang Dasar itu diberikan kepada sebuah mahkamah tersendiri di luar Mahkamah Agung. Atas dasar pemikiran itu, adanya Mahkamah Konstitusi yang berdiri sendiri di samping Mahkamah Agung menjadi sebuah keniscayaan.
Dalam perkembangannya, ide pembentukan Mahkamah Konstitusi mendapat respon positif dan menjadi salah satu materi perubahan Undang-Undang Dasar yang diputuskan oleh MPR. Setelah melalui proses pembahasan yang mendalam, cermat, dan demokratis, kesudahannya ide Mahkamah Konstitusi menjadi kenyataan dengan disahkannya Pasal 24 ayat (2) dan Pasal 24C Undang-Undang Dasar 1945 yang menjadi pecahan Perubahan Ketiga Undang-Undang Dasar 1945 pada ST MPR 2001 tanggal 9 November 2001. Dengan disahkannya dua pasal tersebut, maka Indonesia menjadi negara ke-78 yang membentuk MK dan menjadi negara pertama pada masa ke-21 yang membentuk lembaga kekuasaan kehakiman tersebut.
Pasal 24 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945 menyatakan:
Kekuasaan kehakiman dilakukan oleh sebuah Mahkamah Agung dan tubuh peradilan yang berada di bawahnya dalam lingkungan peradilan umum, lingkungan peradilan agama, lingkungan peradilan militer, lingkungan peradilan tata perjuangan negara, dan oleh sebuah Mahkamah Konstitusi.
Berdasarkan ketentuan tersebut, Mahkamah Konstitusi ialah salah satu pelaku kekuasaan kehakiman selain Mahkamah Konstitusi. Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan aturan dan keadilan. Dengan demikian Mahkamah Konstitusi ialah suatu lembaga peradilan, sebagai cabang kekuasaan yudikatif, yang mengadili perkara-perkara tertentu yang menjadi kewenangannya berdasarkan ketentuan Undang-Undang Dasar 1945. Sesuai ketentuan Pasal 24C Ayat (1) UUD 1945, Mahkamah Konstitusi mempunyai wewenang (a) Menguji undang-undang terhadap UUD; (b) Memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-Undang Dasar; (c) Memutus pembubaran partai politik; (d) Memutus perselisihan perihal hasil pemilihan umum; dan (e) Memutus pendapat dewan perwakilan rakyat bahwa Presiden dan/atau Wapres telah melaksanakan pelanggaran aturan berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, atau perbuatan tercela dan/atau pendapat bahwa Presiden dan/atau Wapres tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/ atau Wakil Presiden.
Kewenangan pertama Mahkamah Konstitusi sering disebut sebagai “judicial review”. Namun istilah ini harus diluruskan dan diganti dengan istilah “constitutional review” atau pengujian konstitusional mengingat bahwa kewenangan Mahkamah Konstitusi ialah menguji Undang-Undang terhadap Undang-Undang Dasar 1945. Per definisi, konsep “constitutional review” merupakan perkembangan gagasan modern perihal sistem pemerintahan demokratis yang didasarkan atas ide negara aturan (rule of law), prinsip pemisahan kekuasaan (separation of power), serta sumbangan hak asasi insan (the protection of mendasar rights). Dalam sistem “constitutional review” itu tercakup dua kiprah pokok, yaitu:[46]
1. Menjamin berfungsinya sistem demokrasi dalam korelasi kiprah atau “interpaly” antara cabang kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Constitutional review dimaksudkan untuk mencegah dominasi kekuasaan dan/atau penyahgunaan kekuasaan oleh salah satu cabang kekuasaan.
2. Untuk melindungi setiap individu warga negara dari penyalahgunaan kekuasaan oleh lembaga negara yang merugikan hak-hak mendasar mereka yang dijamin dalam konstitusi.
Sedangkan kewenangan Mahkamah Konstitusi yang lain sanggup dilihat sebagai upaya penataan korelasi kelembagaan negara dan institusi-institusi demokrasi berdasarkan prinsip supremasi hukum. Sebelum terbentuknya Mahkamah Konstitusi dengan kewenangannya tersebut, korelasi kelembagaan negara dan institusi demokrasi lebih didasarkan pada korelasi yang bersifat politik. Akibatnya, sebuah lembaga sanggup mendominasi atau mengkooptasi lembaga lain, atau terjadi kontradiksi antar lembaga atau institusi yang melahirkan krisis konstitusional. Hal ini menimbulkan ketiadaan kepastian aturan dan kotraproduktif terhadap pengembangan budaya demokrasi. Pengaturan kehidupan politik kenegaraan secara umum juga telah berkembang sebagai bentuk “the constitutionalization of democratic politics”.[47] Hal ini semata-mata untuk mewujudkan supremasi hukum, kepastian hukum, dan perkembangan demokrasi itu sendiri, berdasarkan konsep negara aturan yang demokratis (democratische reshtsstaat).
G. Fungsi Mahkamah Konstitusi
Secara keseluruhan, lima kewenangan yang dimiliki oleh Mahkamah Konstitusi terkait bersahabat dengan masalah konstitusional, yaitu pelaksanaan ketentuan dasar Undang-Undang Dasar 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Wewenang memutus pengujian konstitusionalitas undang-undang menjamin bahwa undang-undang yang menjadi landasan kehidupan berbangsa dan bernegara benar-benar merupakan pelaksanaan dan tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945. Wewenang memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan Undang-Undang Dasar, menjamin mekanisme ketatanegaraan yang dijalankan oleh setiap lembaga negara dan korelasi antarlembaga negara dilaksanakan sesuai ketentuan Undang-Undang Dasar 1945.
Wewenang selanjutnya ialah memutus pembubaran partai politik. Partai politik ialah salah satu bentuk pelaksanaan kebebasan berserikat yang tidak sanggup dilepaskan dari jaminan kebebasan hati nurani dan kebebasan memberikan pendapat. Kebebasan-kebebasan tersebut menjadi prasyarat tegaknya demokrasi. Oleh lantaran itu partai politik mempunyai kiprah penting dalam negara demokrasi lantaran partai politiklah yang pada prinsipnya akan membentuk pemerintahan.[48] Maka keberadaan partai politik harus dijamin dan tidak sanggup dibubarkan oleh kekuasaan pemerintah. Jika pemerintah, yang pada prinsipnya dibuat oleh suatu partai politik, mempunyai wewenang membubarkan partai politik lain, sanggup terjadi penyalahgunaan untuk membubarkan partai politik saingannya.[49] Dengan demikian wewenang Mahkamah Konstitusi untuk memutus pembubaran partai politik ialah untuk menjamin pelaksanaan demokrasi dan mekanisme ketatanegaraan sesuai Undang-Undang Dasar 1945.
Salah satu proses demokrasi yang utama ialah penyelenggaraan pemilihan umum. Mekanisme ini memilih pengisian jabatan-jabatan penting dalam lembaga negara, yaitu anggota DPR, anggota DPD, anggota DPRD, Presiden dan Wakil Presiden, serta Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Agar hasil pemilu benar-benar mencerminkan pilihan rakyat[50] sebagai pemilik kedaulatan pemilu harus dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Salah satu wujud prinsip tersebut ialah penyelenggaraan pemilu tidak diselenggarakan oleh pemerintah, tetapi oleh komisi tersendiri yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri. Selain itu, jikalau terjadi perselisihan hasil pemilu antara penerima dan penyelenggara pemilu, harus diputus melalui mekanisme peradilan biar benar-benar obyektif, tidak dipengaruhi oleh kepentingan pemerintah, peserta, maupun penyelenggara pemilu. Di sinilah pentingnya wewenang Mahkamah Konstitusi memutus perselisihan hasil pemilu untuk menjamin hasil pemilu benar-benar sesuai dengan pilihan rakyat.
Wewenang terakhir Mahkamah Konstitusi ialah memberi putusan atas pendapat dewan perwakilan rakyat mengenai dugaan pelanggaran oleh Presiden dan/atau Wapres berdasarkan Undang-Undang Dasar. Wewenang ini di satu sisi merupakan jaminan terhadap sistem presidensiil yang dianut Undang-Undang Dasar 1945 yang mana menghendaki masa jabatan Presiden yang bersifat tetap (fix term) dan tidak gampang dijatuhkan semata-mata lantaran alasan politik. Di sisi lain, wewenang ini merupakan pelaksanaan prinsip persamaan dihadapan aturan (equality before the law), termasuk terhadap Presiden dan/atau Wakil Presiden. Presiden dan/atau Wapres sanggup dijatuhkan lantaran melaksanakan pelanggaran aturan tertentu, tindak pidana berat lainnya, serta perbuatan tercela, atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden[51], setelah dibuktikan di Mahkamah Konstitusi.
Berdasarkan kelima wewenang yang dimiliki tersebut, Mahkamah Konstitusi mempunyai fungsi sebagai penjaga konstitusi (the guardian of the constitution) hal itu sesuai dengan dasar keberadaan untuk menjaga pelaksanaan konstitusi. Fungsi tersebut membawa konsekuensi Mahkamah Konstitusi juga mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai penafsir konstitusi yang bersifat final (the final interpreter of the constitution). Selain itu, sesuai dengan materi muatan Undang-Undang Dasar 1945 yang meliputi aturan dasar kehidupan bernegara berdasarkan prinsip demokrasi dan jaminan terhadap sumbangan hak asasi manusia, Mahkamah Konstitusi juga mempunyai fungsi sebagai pengawal demokrasi (the guardian of the democracy by protecting minority rights), pelindung hak konstitusional warga negara (the protector of the citizen’s constitutional rights), serta pelindung hak asasi insan (the protector of human rights).
Produk aturan di bawah Undang-Undang Dasar 1945 yang menjabarkan aturan dasar konstitusional ialah undang-undang yang dibuat oleh lembaga legislatif. Secara hirarkis, produk aturan di bawah undang-undang merupakan dasar aturan bagi aturan yang lebih rendah serta menjadi legitimasi aturan bagi tindakan yang akan dilakukan oleh para penyelenggara negara. Untuk menjamin konstitusionalitas pelaksanaan, baik dalam bentuk aturan aturan maupun tindakan penyelenggara negara berdasarkan ketentuan undang-undang, dibentuklah Mahkamah Konstitusi[52] yang mempunyai wewenang salah satunya memutus pengujian undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar.
Undang-undang gotong royong ialah juga merupakan bentuk penafsiran terhadap ketentuan dalam konstitusi oleh pembentuk undang-undang. Namun demikian, penafsiran tersebut sanggup saja terjadi kekeliruan dan dianggap bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 oleh warga negara, lembaga negara lain, tubuh aturan tertentu, atau kesatuan masyarakat aturan adat, lantaran melanggar hak dan atau kewenangan konstitusional mereka. Terhadap perbedaan penafsiran tersebut, Mahkamah Konstitusi-lah memperlihatkan putusan selesai dalam masalah pengujian undang-undang terhadap Undang-Undang Dasar. Fungsi inilah yang disebut sebagai the final interpreter of the constitution.
Sebagai bentuk kesepakatan bersama seluruh rakyat,[53] Undang-Undang Dasar 1945 tidak hanya melindungi kepentingan dan hak-hak mayoritas, tetapi juga melindungi kepentingan dan hak-hak kelompok minoritas. Inilah salah satu prinsip demokrasi modern yang menyeimbangkan antara pemerintahan lebih banyak didominasi (majority rule) dengan sumbangan kelompok minoritas. Demokrasi akan terperosok menjadi tirani jikalau semata-mata berdasarkan pada prinsip mayoritas.
Di sisi lain, undang-undang sanggup dilihat sebagai produk dari proses politik yang lebih ditentukan oleh bunyi mayoritas. Hal itu sanggup dilihat dari lembaga pembentuk undang-undang, yaitu dewan perwakilan rakyat dan Presiden yang menduduki jabatan tersebut berdasarkan perolehan bunyi dalam pemilihan umum. Dalam proses pembuatan undang-undang juga sangat dipengaruhi oleh aspirasi masyarakat paling kuat. Oleh lantaran itu, proses pembuatan dan hasil kesudahannya mempunyai potensi mengesampingkan atau bahkan melanggar hak konstitusional kelompok minoritas. Apabila hal itu terjadi, demokrasi telah terancam dan sanggup tergelincir menjadi tirani mayoritas. Di sinilah Mahkamah Konstitusi berfungsi sebagai penjaga demokrasi dengan cara melindungi hak kaum minoritas (the guardian of democracy by protecting minority rights) sekaligus menjaga pelaksanaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai kesepakatan seluruh rakyat, bukan hanya kelompok mayoritas.
Fungsi selanjutnya ialah sebagai pelindung hak asasi insan (the protector of the human rights) dan pelindung hak konstitusional warga negara (the protector of the constitutional citizen’s rights). Salah satu hasil perubahan Undang-Undang Dasar 1945 yang paling banyak ketentuannya ialah terkait dengan hak asasi yang karenanya menjadi hak konstitusional. Hak tersebut meliputi kelompok-kelompok hak yang biasa disebut sebagai hak sipil, hak politik, hak ekonomi, hak sosial, hak budaya, bahkan hak individu maupun hak kolektif masyarakat.[54] Adanya jaminan hak asasi dalam konstitusi menjadikan negara mempunyai kewajiban konstitusional untuk melindungi, menghormati, dan memajukan hak-hak tersebut. Wewenang Mahkamah Konstitusi menguji undang-undang sanggup dilihat sebagai upaya melindungi hak asasi insan dan hak konstitusional warga negara yang dijamin Undang-Undang Dasar 1945 biar tidak dilanggar oleh ketentuan undang-undang. Jika ketentuan suatu undang-undang telah melanggar hak konstitusional warga negara, maka sanggup dipastikan tindakan penyelenggara negara atau pemerintahan yang dilakukan berdasarkan ketentuan tersebut juga akan melanggar hak konstitusional warga negara. Oleh lantaran itu, kewenangan pengujian tersebut sekaligus mencegah biar tidak ada tindakan penyelenggara negara dan pemerintahan yang melanggar hak konstitusional warga negara. Mahkamah Konstitusi juga berwenang memutus masalah pembubaran partai politik yang dimaksudkan biar pemerintah tidak sanggup secara sewenang-wenang membubarkan partai politik yang melanggar hak berserikat yang terkait bersahabat dengan hak atas kebebasan nurani dan kebebasan mengeluarkan pendapat yang dijamin dalam Undang-Undang Dasar 1945.
DAFTAR PUSTAKA
Abu Daud Busroh dan Abu Bakar Busroh. Azas-Azas Hukum Tata Negara. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1991.
Abu Daud Busroh. Ilmu Negara. Jakarta: Bumi Aksara, 1990.
Ahmad Sukardja. Piagam Madinah dan Undang-Undang Dasar 1945: Kajian Perbandingan perihal Dasar Hidup Bersama dalam Masyarakat Majemuk. Jakarta: UI-Press, 1995.
Bagir Manan. Pertumbuhan dan Perkembangan Konstitusi Suatu Negara. Bandung: CV. Mandar Maju, 1995.
Berki, R.N. The History of Political Thought: A Short Introduction. London: J.J.Dent and Sons, Everyman’s University Library, 1988.
Bogdanor, Vernon (ed). Blackwell’s Encyclopaedia of Political Science. Oxford: Blackwell, 1987.
Bryce, J. Studies in History and Jurisprudence. Vol. 1. Oxford: Clarendon Press, 1901.
Dahlan Thaib, dkk. Teori Konstitusi dan Hukum Konstitusi. cet. Kelima. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005.
Friedrich, C.J. Man and His Government. New York: McGraw-Hill, 1963.
Heller, Herman. Staatlehre, herausgegeben von Gerhart Niemeyer. Leiden: A.W: Sijthoff.
Ismail Saleh. Demokrasi, Konstitusi, dan Hukum. Jakarta: Departemen Kehakiman RI, 1988.
Jimly Asshiddiqie. Kebebasan Berserikat, Pembubaran Partai Politik, dan Mahkamah Konstitusi. Jakarta: Konstitusi Press, 2005.
---------------------------. Konstitusi & Konstitusionalisme Indonesia. Edisi Revisi. Jakarta: Konstitusi Press, 2005.
---------------------------. Model-Model Pengujian Konstitusional Di Berbagai Negara. Jakarta: Konstitusi Press, 2005.
Kelsen, Hans. General Theory of Law and State. translated by: Anders Wedberg. New York: Russell & Russell, 1961.
L. M. Sitorus. Ilmu Politika: Suatu Perkenalan Lapangan. cet. ke-3. Jakarta: PT. Pembangunan, 1958.
Laski, Harold J. A Grammar of Politic. Eleventh Impression. London: George Allen & Unwin Ltd, 1951.
Lijphart, Arend. Patterns of Democracy: Government Forms and Performance in Thirty-Six Countries. New Heaven and London: Yale University Press, 1999.
MacIver, R.M. The Modern State. First Edition. London: Oxford University Press, 1955.
McIlwain, Charles Howard. Constitutionalism: Ancient and Modern. Ithaca, New York: Cornell University Press, 1966.
Newman, W. L. (ed). The Politics of Aristotle. New York: Oxford University Press, 2000.
Pildes, Richard H. The Constitutionalization of Democratic Politics. Harvard Law Review. Vol. 118:1, 2004,
Schmitt, Carl. Verfassungslehre. Berlin unverandester neudruk: Duncker & Humbolt, 1957.
Tahir Azhary. Negara Hukum: Suatu Studi perihal Prinsio-prinsipnya Dilihat dari Segi Hukum Islam, Implementasinya pada Periode Negara Madinah dan Masa Kin., cet. Kedua. Jakarta: Kencana, 2004.
Tholosano, Authore D. Petro Gregorio. De Republica Libri Sex et Viginti. lib.I, cap. I, 16, 19, Lugduni, 1609.
Thompson, Brian. Textbook on Constitutional and Administrative Law. edisi ke-3. London: Blackstone Press Ltd., 1997.
Thompson, Brian. Textbook on Constitutional Law & Administrative Law. Third Edition. London: Blackstone Press Limited, 1997.
Woodbine, George E. (ed.). Glanvill De Legibus et Consuetudinibus Angiluae. New Haven: 1932.
[2] Secara garis besar perwujudan kedaulatan rakyat dalam kehidupan bernegara sanggup diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu dalam lembaga perwakilan rakyat atau parlemen, dan dalam bentuk konstitusi sebagai wujud perjanjian sosial tertinggi. Negara-negara yang menganut perwujudan kedaulatan rakyat dalam parlemen menimbulkan dianutnya prinsip supremasi parlemen. Konstitusi dalam negara tersebut sanggup dibuat atau diubah dengan produk aturan parlemen (legislative act). Sedangkan negara yang menganut perwujudan kedaulatan rakyat pada konstitusi, menempatkan konstitusi sebagai aturan tertinggi. Konsekuensinya, aturan yang dibuat oleh parlemen dihentikan bertentangan dengan konstitusi.
[3] Charles Howard McIlwain, Constitutionalism: Ancient and Modern, (Ithaca, New York: Cornell University Press, 1966), hal. 26. Seperti dikatakan oleh Sir Paul Vinogradoff, “The Greeks recognized a close analogy between the organization of the State and the organism of the individual human being. They thought that the two elements of body and mind, the former guided and governed by the later, had a parallel in two constitutive elements of the State, the rulers and the ruled”.
[4] Analogi di antara organisasi negara (state organization) dan organisme insan (human organism) ini, ibarat dikatakan oleh W. L. Newman dalam The Politics of Aristotle, merupakan the central inquiry of political science di dalam sejarah Yunani Kuno. Lihat, W. L. Newman (ed). The Politics of Aristotle, (New York: Oxford University Press, 2000).
[6] Ibid.
[7] Dokumen Constitutions of Clarendon menyebut dirinya sendiri sebagai recordatio (record) atau recognitio (a finding). Pengarang buku “Leges Henrici Primi” pada awal masa ke-12, juga menyebut “the well-known writ of Henry I for the holding of the hundred and county courts” sebagai record.
[8] George E. Woodbine (ed.), Glanvill De Legibus et Consuetudinibus Angiluae, (New Haven: 1932), hal. 63.
[9] McIlwain, Op. Cit., hal. 24.
[10] Authore D. Petro Gregorio Tholosano, De Republica Libri Sex et Viginti, lib.I, cap. I, 16, 19, Lugduni, 1609, hal. 4-5.
[11] Nama lengkapnya ialah Marcus Tullius Cicero (106-43 BC). Menurut R.N. Berki, “In the extant writings of the great Roman statesman and orator, Marcus Tullius Cicero (106-43 BC), we find the most interesting formulations of Roman Stoicism as regards political thought”. Lihat R.N. Berki, The History of Political Thought: A Short Introduction, (London: J.J.Dent and Sons, Everyman’s University Library, 1988), hal. 74.
[12] McIlwain, Op. Cit., hal. 20.
[13] Ibid., hal. 12.
[14] Banyak sarjana yang menggambarkan Piagam Madinah itu sebagai Konstitusi seperti dipahami remaja ini. Beberapa diantaranya lihat Ahmad Sukardja, Piagam Madinah dan Undang-Undang Dasar 1945: Kajian Perbandingan perihal Dasar Hidup Bersama dalam Masyarakat Majemuk, (Jakarta: UI-Press, 1995); Dahlan Thaib dkk., Teori Konstitusi dan Hukum Konstitusi, cet. kelima, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005). Lihat juga Tahir Azhary, Negara Hukum: Suatu Studi perihal Prinsio-prinsipnya Dilihat dari Segi Hukum Islam, Implementasinya pada Periode Negara Madinah dan Masa Kini, cet. kedua, (Jakarta: Kencana, 2004).
[15] Ibid., hal. 47.
[16] Ibid., hal. 57.
[17] Lihat contohnya Thompson, Op. Cit., hal. 5.
[18] J. Bryce, Studies in History and Jurisprudence, Vol. 1, (Oxford: Clarendon Press, 1901), hal. 151.
[19] Lihat masalah Marbury versus Madison (1803) 5-US, 1 Cranch, 137, dalam Thompson, Op. Cit., hal. 5.
[20] Brian Thompson, Textbook on Constitutional and Administrative Law, edisi ke-3, (London: Blackstone Press Ltd., 1997), hal. 3.
[21] Hal tersebut terjadi kurang lebih 11 tahun semenjak kemerdekaan Amerika Serikat setelah dideklarasikannya pada tanggal 4 Juli 1776. Lihat juga Bagir Manan, Pertumbuhan dan Perkembangan Konstitusi Suatu Negara, (Bandung: CV. Mandar Maju, 1995), hal. 2.
[22] Sementara ini, beberapa sarjana ada juga yang beropini bahwa Arab Saudi telah mempunyai satu Konstitusi tertulis, yaitu naskah yang dibuat dan disandarkan berdasarkan Al Qur’an dan Hadist.
[23] Bandingkan dengan kesimpulan yang dikemukakan oleh Brian Thompson tentang Konstitusi Inggris, “In other words the British constitution was not made, rather it has grown”. Op. Cit., hal. 5.
[25] Ivo D. Duchacek, “Constitution and Constitutionalism” dalam Bogdanor, Vernon (ed), Blackwell’s Encyclopaedia of Political Science, (Oxford: Blackwell, 1987), hal. 142.
[26] Friedrich, C.J., Man and His Government, (New York: McGraw-Hill, 1963), hal. 217.
[27] Lihat dan bandingkan juga pendapat Padmo Wahjono mengenai pembatasan kekuasaan dalam Padmo Wahjono, Masalah Ketatanegaraan Indonesia Dewasa ini, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1984), hal. 10.
[29] Lihat dan bandingkan lebih lanjut pandangan dari Ferdinand Lassalle dalam Abu Daud Busroh dan Abu Bakar Busroh, Azas-Azas Hukum Tata Negara, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1991), hal. 73.
[30] Carl Schmitt, Verfassungslehre, (Berlin unverandester neudruk: Duncker & Humbolt, 1957), hal. 4. Vervassung ist der konkrete Gesamtzustand politischer Einheit und sozialer Ordnung eines bestimmmten Staats. Zu jedem Staat gehoren politische Einheit und soziale Ordnung, irgendwelche Prinzipien der Einheit und Ordnung, irgendiene im kritischen Falle bei interesseb und Machtkonflikten maszgebende Entscheuidungsintanz. Diesen Gesamtzustand politischer Einheit und sozialer Ordnung kann man Verfassung nennen. Der Staat wurde aufhoren zu existieren, wenn diese Verfassung, d.h. diese Einheit and Ordnung aufhorte. Diese Verfassung ist eine “Seele”, sein konkretes heben und seine individuelle Existenz. Lihat juga Georg Jellinek, Allgemeine Staatslehre, hal. 491, menyebutkan: “die Verfassung Als eine Ordnung, der gemasz der staatliche Wille sich bildet”.
[31] Carl Schmitt, Op. Cit, hal. 4-5, "Vervassung ist eine besondere Art politicher und sozialer Ordnung Verfassung bedentet hier diekonkrete Art der Uber und Unterordnung, wiel cs in der sozialer Wirklichkeit keine Ordnung ohne Uber und Unterordnung gibt. Hier ist Verfassung die besondere Form der Herrschaft, die zu jedem Staat gehort und von seiner pilitschen Ex sl mz nicht zu trennen ist, Z.B. Monarchie, Aristokratie oder Demokratie, oder wie man die Staatformen ein teilen will" Verfassung is hier ist Staatsform.
[32] Ibid., hal. 11. “Die Relatieverung des Verfassungsbegrieffes besteht hochster und letzter Normen bedaulen (Verfassung ist Norm der Normen). darin, dasz statt der einheitlichen Verfassung in Ganzen nur das einzefne Verfassungsgestz, der Begriff des Verfassungs geselzes aber nach ausz Emlichen und nebensachlichen, sog formalen Kenn-Zeichen bestimmt wird.”
[33] Ibid., hal. 20. “Die Verfassung als Gesamt-Entscheidung uber Art und Vorm der politischen Einheit”.
[34] Bandingkan dengan Ismail Saleh, Demokrasi, Konstitusi, dan Hukum, (Jakarta: Departemen Kehakiman RI, 1988).
[35] Schmitt, op cit., hal. 36 dst. “Idealbegriff der Verfassung (in einem auszeichnenden Sinne, wegen eines bestimmten Inhaltes sogenannte ‘Verfassung’) Insbesondere hal das Liberale Burgertum in seinem Kampl gegen die absolute Monarchie einem bestimmten idealbegriff von Verfassung angsgestellt und ihn mit dem Begriff der Verfassung schiechin dentifizirt. Man sprach also nur dan non ‘Verfassung’, wenn die Forderungen burgerlibber Freiheit erfullt und dem Burgertum ein maszgebender pplitischer Ein flusz geilichert was”.
[36] J. Barents, “De Wetenschap de Politiek, Een Terreinverkenning” (1952), terjemahan L.M. Sitorus, Ilmu Politika: Suatu Perkenalan Lapangan, cet. ke-3, (Jakarta: PT. Pembangunan, 1958), hal. 38.
[37] Maurice Hauriou, Precis de Droit Constitutionnel. Lihat juga Abu Daud Busro, Ilmu Negara,(Jakarta: Bumi Aksara, 1990), hal. 99.
[39] Jimly Asshiddiqie, Konstitusi & Konstitusionalisme Indonesia, Edisi Revisi, (Jakarta: Konstitusi Press, 2005), hal. 152.
[41] Hans Kelsen, General Theory of Law and State, translated by: Anders Wedberg, (New York: Russell & Russell, 1961), hal 157.
[42] Disebut juga dengan “the centralized system of judicial review”. Lihat Arend Lijphart, Patterns of Democracy: Government Forms and Performance in Thirty-Six Countries, (New Heaven and London: Yale University Press, 1999), hal. 225.
[43] Jimly Asshiddiqie, Model-Model Pengujian Konstitusional Di Berbagai Negara, (Jakarta: Konstitusi Press, 2005), hal. 28, 29, 64 – 66, 108 dan 109. Terhadap kiprah Kelsen dalam hal ini masih ada perbedaan pandangan antara mana yang lebih penting kiprahnya antara Georg Jellinek dan Adolf Merkl atau Hans Kelsen. Lihat end note bagian pertama halaman 51 nomor 32.
[44] Pembahasan secara komprehensif mengenai pengujian konstitusional sanggup dibaca dalam Jimly Asshiddiqie, Model-model Pengujian Konstitusional di Berbagai Negara, Jakarta: Konstitusi Press, 2005.
[45] Lihat Pasal 1 ayat (2) Undang-Undang Dasar 1945: “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Dasar”.
[47] Richard H. Pildes, The Constitutionalization of Democratic Politics, Harvard Law Review, Vol. 118:1, 2004, hal. 2-3, 10.
[48] Lihat Harold J. Laski, A Grammar of Politic, Eleventh Impression, (London: George Allen & Unwin Ltd, 1951), hal. 312.
[49] Pembahasan mengenai hal ini sanggup dibaca pada Jimly Asshiddiqie, Kebebasan Berserikat, Pembubaran Partai Politik, dan Mahkamah Konstitusi, (Jakarta: Konstitusi Press, 2005).
[50] Jimly Asshiddiqie, Pergumulan Peran Pemerintah dan Parlemen Dalam Sejarah: Telaah Perbandingan Konstitusi Berbagai Negara, (Jakarta: UI-Press, 1996), hal. 25 – 26; Lihat pula MacIver, The Modern State, First Edition, (London: Oxford University Press, 1955), hal. 396 – 397.
[51] Berdasarkan Pasal 7A Undang-Undang Dasar 1945, alasan pemberhentian Presiden dan/atau Wapres ialah apabila terbukti telah melaksanakan pelanggaran aturan berupa pengkhianatan terhadap negara, korupsi, penyuapan, tindak pidana berat lainnya, ataupun perbuatan tercela maupun apabila terbukti tidak lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden.
[53] Brian Thompson, Textbook on Constitutional Law & Administrative Law, Third Edition, (London: Blackstone Press Limited, 1997), hal. 5.
[54] Materi yang semula hanya berisi 7 butir ketentuan dalam Undang-Undang Dasar 1945 sebelum perubahan, kini telah bertambah secara sangat signifikan. Ketentuan gres yang diadopsikan ke dalam Undang-Undang Dasar 1945 setelah Perubahan Kedua pada tahun 2000 termuat dalam Pasal 28A hingga dengan Pasal 28J, ditambah beberapa ketentuan lainnya yang tersebar di beberapa pasal.
0 Response to "Makalah Gagasan Dasar Wacana Konstitusi Dan Mahkamah Konstitusi"
Posting Komentar