BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Teknologi Komunikasi dan Informasi
Salah satu teknologi yang kini berkembang dengan sangat pesat ialah teknologi komunikasi dan informasi. Short Message Service atau SMS merupakan efek perkembangan dari teknologi selular yang memanfaatkan setiap akomodasi yang tersedia, seoptimal mungkin untuk mendapatkan layanan informasi.
2.2 Short Message Service (SMS)
Short Message Service (SMS) ialah kemampuan untuk mengirim dan mendapatkan pesan dalam bentuk teks dari dan kepada ponsel (Kadir, 2003).
Teks tersebut bisa terdiri dari kata- kata atau nomor atau kombinasi alphanumeric. SMS diciptakan sebagai standart pesan (message) oleh ETSI (Europesan Telecommunication Standards Institute),yang juga menciptakan standart GSM (Global System for Mobile) yang diimplementasikan oleh semua operator. SMS yang pertama dikirimkan pada Desember 1992 dari PC kesebuah ponsel melalui jaringan GSM Vodafone di UK (United Kingdom) .Setiap Pesan maksimal terdiri dari 160 karakter kalau memakai alphabet latin, dan 70 karakter kalau memakai alphabet non-latin ibarat abjad Arab atau China.
SMS sanggup menjadi popular lantaran mempunyai kelebihan, dan kelebihan sms justru terletak pada kesederhanaannya, sehingga gampang diaplikasikan, tidak peduli apakah ponsel tersebut mendukung 3G dengan akomodasi touch screen ataupun ponsel tempo dulu yang hanya mempunyai satu baris layar sederhana ibarat kalkulator. SMS juga tetap sanggup dikirim walaupun ponsel akseptor tidak dalam keadaan aktif dalam limit waktu tertentu, lantaran mempunyai validity period.
Keterbatasan SMS ialah pada ukuran pesan yang sanggup dikirim yaitu maksimal 160 byte. SMS dikirimkan memakai signalling frame pada kanal frekuensi atau time slot frame GSM (Global System for Mobile) yang biasanya digunakan untuk kontrol dan sinyal setup panggilan telepon, ibarat pesan singkat ihwal kesibukan jaringan atau pesan CLI (Caller Line indentification).
Saat kita mendapatkan pesan SMS/MMS dari handphone (mobile originated), pesan tersebut tidak pribadi dikirimkan kehandphone tujuan (mobile terminated), akan tetapi dikirim terlebih dahulu ke SMS-Center (SMSC) yang biasanya berada di kantor operator telepon, gres kemudian pesan tersebut diteruskan kehandphone tujuan. Dengan adanya SMSC, kita sanggup mengetahui status dari pesan SMS yang telahdikirim, apakah telah hingga atau gagal.
Sekilas klarifikasi ihwal cara kerja elemen pada SMS sebagai berikut.
a. AT Command (Attention Command)
AT Command berperan di balik tampilan sajian messages sebuah ponsel yang bertugas mengirim/menerima data ke/dari SMS-Centre. Salah satu software yang sanggup digunakan untuk menguji AT Command ini ialah Windows HyperTerminal. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pengujian ini ialah nilai properties yang harus diisi yang bergantung pada jenis alat komunikasi yang digunakan, contohnya ukuran bit per-secondrate dari sms device yang dipergunakan. AT Command untuk sms biasanya diikuti oleh data I/O yang diwakili oleh unit-unit PDU.
AT command sanggup digunakan antara lain untuk menginstruksikan perintah- perintah sebagai berikut:
1. Mengirim dan mendapatkan pesan SMS atau faks
2. Mendapatkan informasi mengenai device, contohnya nama manufaktur, nomor IMEI, dan lain-lain.
3. Mendapatkan status device, contohnya status aktivitas, status pendaftaran network, kekuatan sinyal, ataupun status baterai.
4. Penulisan dan pencarian phonebook.
5. Dari sisi keamanan, anda sanggup mengaktifkan akomodasi lock dan mengubah password.
6. Menyimpan dan mengembalikan konfigurasi.
Pastikan telah menginstal driver yang dibutuhkan semoga operating system mengenali device yang digunakan, kemudian masukkan kartu GSM pada ponsel atau modem GSM. Koneksikan pada port komputer, pastikan komputer telah mengenalinya, kemudian anda sanggup memanggil acara HyperTerminal. Untuk melaksanakan tes koneksi dengan ponsel/modem GSM, cukup ketikkan perintah AT diikuti dengan pengutamaan tombol enter, yang akan direspon dengan OK kalau tidak terdapat masalah. Berikut ialah teladan rentetan AT command untuk mengirimkan SMS:
AT
AT+CMGF=1
AT+CMGS=08xxxxxxx
> testing kirim
Perintah AT+CMGF=1 memperlihatkan kode untuk beroperasi pada format text (akan dijelaskan kemudian), AT+CMGS= diikuti dengan nomor ponsel tujuan, sedangkan goresan pena “testing kirim” merupakan isi pesan yang ingin dikirim.
Setiap baris pada teladan perintah di atas diakhiri dengan pengutamaan tombol enter, kecuali untuk baris pengirisan pesan, yang diakhiri dengan CTRL + Z. AT command umumnya ditulis dengan abjad besar, tetapi banyak modem GSM dan ponsel yang mengizinkan penulisan AT command dalam abjad besar maupun abjad kecil. Setelah berhasil menjalankan AT command pada Hyper Terminal, maka kita melangkah lebih lanjut, yaitu menuliskan kode acara pada bahasa pemrograman favorit untuk membangun sebuah SMS Gateway.
Kode acara yang membangun SMS gateway pada pada dasarnya menuliskan AT command di dalam aplikasi, sebagaimana yang dilakukan dalam Hyper Terminal. Tentunya, peranan AT command sangat penting untuk mengembangkan sendiri aplikasi SMS Gateway.
b. Text
Pada prinsipnya terdapat dua mode untuk mengirim dan mendapatkan sms, yaitu mode text dan mode PDU (Protocol Data Unit). Sistem mode text tidak didukung oleh semua operator GSM (Global System for Mobile Communication) maupun terminal yang ada. Pada mode text, pesan yang dikirim tidak dikonversi. Teks yang dikirim tetap dalam bentuk aslinya dengan panjang mencapai 160 (7 bit default alphabet) atau 140 (8 bit) karakter. Sesungguhnya mode text ialah hasil enkode yang direpresentasikan dalam format PDU.
Pada PDU, format message dalam heksadesimal octet dan semi-decimal octet dengan panjang mencapai 160 (7 bit default alphabet) atau 140 (8 bit) karakter. Data yang mengalir ke/dari SMS-Centre harus berbentuk PDU (Protocol Data Unit). Pdu berisi bilangan-bilangan heksadesimal yang mencerminkan bahasa I/O. Pdu terdiri atas beberapa header. Header SMS yang dikirim ke SMS-Centre berbeda dengan header SMS yang diterima dari SMS-Centre [6].
Kode PDU untuk mengirim SMS terdiri atas delapan header, yaitu :
1. Nomor SMS-Center
Header pertamainiterbagiatastigasubheaderyaitu :
a. Jumlah pasangan heksadesimal SMS-Centre dalam bilangan heksa.
b. National / International code.
c. No SMS-Centre dalam pasangan yang dibalik Jika tertinggal satu angka heksa yang tidak mempunyai pasangan maka angka tersebut dipasangkan dengan abjad F di depannya. Misalkan No SMS-Centre untuk Pro XL ialah 0818445009 atau 62818445009 bisa diubah menjadi kode PDU 06818018445009 atau 07912618485400F9.
Langkah-langakahnya ialah sebagai berikut :
a) Cara I
SMS-Centre : 0818445009
• 06 ► ada 6 pasang
• 81 ► 1 pasang
• 80-18-44-05-90
• Digabung menjadi kode PDU : 06818018440509
b) Cara II
SMS-Centre : 62818445009
• 07 ► ada 7 pasang
• 91 ► 1 pasang
• 26-18-48-54-00-F9
• Digabung menjadi kode PDU : 07912618485400F9.
2.2.1 Keunggulan Layanan SMS
Keunggulan layanan SMS ini antara lain ialah :
a. Harga per kiriman murah Apabila beban biaya telepon terhitung mahal maka beban biaya kiriman SMS jauh lebih murah.Hal ini kuat terutama kepada pelanggan yang memakai kartu GSM pra-bayar yang mempunyai kredit pulsa terbatas pada telepon selulernya.
b. Keamanan dan kenyamanan Apabila kita hendak memakai telepon seluler untuk berbicara di daerah umum, maka dirasakan kalau privasi kita kurang terjaga dan kurang nyaman, namun sebaliknya berkirim pesan memakai SMS ialah nyaman dan privasi lebih terjaga.
c. Tidak mengganggu akseptor Seperti halnya e-mail, SMS sebagai alat komunikasi tidak mengganggu penerima, lantaran akseptor bias menetapkan kemudian kapan dan di mana ia akan menjawab pesan tersebut.
d. Handal (reliable) Jaringan GSM secara umum diakui kehandalannya dalam mengirimkan data, termasuk juga pada layanan SMS. Tidak ibarat pager, ketika pesan SMS terkirim dan masuk ke Gateway dan Gateway berhasil mengirimkannya ke nomor tujuan, Gateway kemudian mengirim pesan acknowledgement ke pengirim bahwa pesan telah terkirim.
2.3 SMS Gateway
Istilah Gateway sanggup diartikan sebagai pintu gerbang. Namun pada dunia komputer, Gateway sanggup diartikan sebagai jembatan penghubung antara satu sistem dengan sistem yang lain, sehingga sanggup terjadi pertukaran data antar sistem tersebut. Dengan demikian, SMS Gateway sanggup diartikan sebagai pintu gerbang atau jalur bagi penyebaran informasi dengan memakai SMS (Kadir, 2003). Dengan media ini, kita sanggup membuatkan pesan kebanyak nomor sekaligus secara otomatis dan cepat. Dengan memakai acara aksesori yang sanggup dibentuk sendiri, sipengirim pesan sanggup lebih fleksibel dalam mengirim/menerima SMS sesuai dengan aturan yang ditetapkan, ibarat sistem untuk seleksi misalnya.
Namun seiring perkembangan teknologi komputer dan perkembangan teknologi komunikasi, masyarakat lebih mengartikan SMS gateway sebagai suatu jembatan komunikasi yang menghubungkan perangkat komunikasi (dalam hal ini ponsel) dengan perangkat komputer. SMS Gateway kemudian lebih mengarah kepada sebuah acara yang mengkomunikasikan sistem operasi komputer dengan perangkat komunikasi untuk mengirim atau mendapatkan SMS.
2.3.1 Cara Kerja SMS Gateway
SMS dikirim pemilih ke nomor yang telah ditentukan, isi SMS merupakan Format yang telah ditentukan sebelumnya. SMS diterima oleh ponsel yang bekerja sebagai SMS Gateway kemudian akan dikirimkan kesistem, sistem akan merespon SMS tersebut. Jika Format SMS benar maka ponsel yang bertindak sebagai SMS Gateway Server akan membalas SMS tersebut bahwa SMS telah ditampung begitu juga sebaliknya.Kemudian SMS tersebut ditampung dalam database dan akan ditampilkan kedalam Website.
Gambar 2.1 : Cara Kerja SMS Gateway
2.4 Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan pecahan yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah pecahan yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut sanggup diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem ialah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya memakai pecahan yang disebut "modem", ibarat VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem mendapatkan data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya sanggup diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut sanggup dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
Jenis-jenis modem : Modem analog, Modem ADSL, Modem kabel, Modem CDMA, Modem 3GP, Modem GSM.
2.4.1 Mobile Partner
Mobile Partner ialah salah satu yang penting bagi Anda yang mendukung dalam perangkat modem vodafone tertentu. Karena tanpa Mobile Partner, modem tidak akan dikenali oleh sistem komputer. Beberapa modem Vodafone biasanya sudah dilengkapi dengan Mobile Partner tapi biasanya belum meng-upgrade versi mereka sehingga ada beberapa fitur yang tidak sanggup digunakan.
Gambar 2.2 : Mobile Partner
2.5 Web
Situs Web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs[1] adalah sejumlah halaman web yang mempunyai topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.[2] Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang sanggup diakses melalui jaringan seperti internet, ataupunjaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang sanggup diakses publik di internet disebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya sanggup diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memperlihatkan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melaksanakan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk sanggup menjadi aggota untuk sanggup mengakses isi yang terdapat dalam situs web.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
2.5.1 Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang secara bahasa bermakna jaringan-jaringan komputer yang saling berhubungan. Disebut demikian, lantaran internetmerupakan jaringan komputer-komputer diseluruh dunia yang saling bekerjasama denganbantuan jalur telekomunikasi. Sifat keterhubungan dari internet mengakibatkan komputerdari seluruh dunia sanggup saling memperlihatkan dan mengakses layanan-layanan internet yangditawarkan.
Internet atau biasa disebut Net ialah sistem komputer yang saling berhubungandan mentransmisikan data memakai paket switching yangmenggunakan protokolstandar Internet Protocol (IP) dan sanggup diakses oleh public secara bebas. Internet disusunoleh banyak sekali macam jaringan komputer baik yang komersial, akademik, domestik maupunpemerintahan. Internet mempunyai banyak informasi dan layanan, ibarat pos elektronik(email), chatting online, dan halaman web yang saling berhubungan, serta dokumen lain di World Wide Web.
Tidak ibarat anggapan orang awam, internet dan World Wide Web (WWW)merupakan hal yang berbeda. Internet ialah kumpulan jaringankomputer yang salingberhubungan, yang dihubungkan dengan kabel tembaga, fiber optik dan lainnya. SementaraWeb ialah kumpulan dokumen-dokumen yang saling berkaitan disebabkan oleh hyperlinkdan URL dan sanggup diakses memakai internet.
2.6 Metodologi Perancangan(Waterfall Model)
Metodologi yang digunakan ialah metode Waterfall. Metode pengembangan sistem sekuensial linier atau yang sering disebut juga dengan siklus kehidupan klasik atau model teladas (waterfall model) memberikan sebuah pendekatan pengembangan sistem yang sistematik dan sekuensial, dimulai dari fase perencanaan sistem, analisis, desain, kode, pengujian, dan pemeliharaan. Model ini ialah model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software.
Tahapan-tahapan dari metode Waterfall ialah sebagai berikut (Sommerville, 2001) :
1. Requirements Analysis and Definition
Mengumpulkan kebutuhan secara lengkap kemudian kemudian dianalisis dan didefinisikan, Jasa, hambatan dan tujuan dihasilkan dari konsultasi dengan pengguna sistem. Kemudian semuanya itu dibentuk dalam bentuk yang sanggup dimengerti oleh user dan staf pengembang.
2. System and Software Design
Proses perancangan sistem membagi persyaratan dalam sistem perangkat keras atau perangkat lunak. Menentukan arsitektur sistem secara keseluruhan.
3. Implementation and Unit Testing
Perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian acara atau unit program. Pengujian unit melibatkan verifikasi bahwa setiap unit telah memenuhi spesifikasinya.
4. Integration and System Testing
Unit acara atau acara individual diintegrasikan dan diuji sebagai sistem yang lengkap untuk menjamin bahwa persyaratan sistem telah dipenuhi. Setelah pengujian sistem, perangkat lunak dikirim ke user.
5. Operation and Maintenance
Tahap ini merupakan fase siklus yg paling usang (walaupun tidak seharusnya). Sistem diinstall dan dipakai. Pemeliharaan meliputi koreksi dan banyak sekali error yg tidak ditemukan pada tahap-tahap sebelumnya, perbaikan atas implementasi unit sistem dan pengembangan pelayanan sistem.
Gambar 2.3 Tahapan Model Waterfall
2.7 Adobe Dreamweaver CS5
Adobe Dreamweaver CS5 merupakan salah satu software terbaik yang bisa digunakan untuk menciptakan dan mendesain halaman website. Kemampunanya yang sangat manis menciptakan Adobe Dreamweaver CS5 bisa masuk ke jajaran terbaik software web desain.
Sampai ketika ini, Adobe Dreamweaver CS5 masih bisa mendukung hampir semua bahasa pemrograman web, jadi anda tidak perlu khawatir bahasa pemrograman yang sedang dipelajari tidak masuk kedalam link software Adobe Dreamweaver CS5.
Gambar 2.4 Adobe Dreamweaver CS5
2.8 HTML
HyperText Markup Language (HTML) ialah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk menciptakan sebuah halaman web, menampilkan banyak sekali informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII semoga sanggup menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibentuk dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language),HTML ialah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML ketika ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibentuk oleh kerja sama Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN ialah forum penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang memakai gejala sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM mempunyai suatu konsep ihwal dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO menciptakan bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language).
ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat mempunyai kegunaan untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga mempunyai kegunaan untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang memakai World Wide Web. Versi terakhir dari HTML ialah HTML 4.01, meskipun ketika ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.
2.9 CMS
CMS (Content Management System), ialah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:
1. aplikasi administrasi isi (Content Management Application, [CMA])
2. aplikasi pengiriman isi (content delivery application [CDA]).
Elemen CMA memperbolehkan si manajer isi -yang mungkin tidak mempunyai pengetahuan mengenai HTML (HyperText Markup Language)-, untuk memenej pembuatan, modifikasi, dan peniadaan isi dari suatu situs Web tanpa perlu mempunyai keahlian sebagai seorang Webmaster. Elemen CDA memakai dan menghimpun informasi-informasi yang sebelumnya telah ditambah, dikurangi atau diubah oleh si empunya situs web untuk meng-update atau memperbaharui situs Web tersebut. Kemampuan atau fitur dari sebuah sistem CMS berbeda-beda, walaupun begitu, kebanyakan dari software ini mempunyai fitur publikasi berbasis Web, administrasi format, kontrol revisi, pembuatan index, pencarian, dan pengarsipan.
Berikut dibawah ini pemanfaatan CMS:
3. Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas.
4. Portal
5. Galeri foto
6. Aplikasi E-Commerce.
7. Mengelola website pribadi / blog.
8. Dan lain-lain.
2.10 PHP
PHP merupakan akronim dari Pre Hypertext Processor, yang mempunyai kemampuan dasar membangun aplikasi web, memproses form dan mendukung database MySQL. PHP ialah bahasa pemrograman script yang paling banyak digunakan ketika ini. PHP banyak digunakan untuk pemrograman website, walaupun tidak tertutup kemungkinan untuk digunakan untuk pemakaian lain. PHP merupakan salah satu bahasa server side scripting yang disisipkan di antara bahasa HTML untuk menciptakan halaman web yang dinamis. Dan lantaran bahasa berbasis server side, maka PHP akan dihukum di server, sehingga yang akan dikirimkan ke web browser ialah hasil dalam bentuk HTML dan kode PHP tidak akan terlihat.
Salah satu fungsi PHP ialah untuk menerima, mengolah, dan menampilkan data dari dan ke sebuah website. Data yang diterima akan diolah di sebuah acara database server dan kemudian risikonya ditampilkan kembali ke layar web browser sebuah website. Seorang pengguna internet tidak sanggup melihat kode acara yang ditulis dalam PHP sehingga keamanan dari halaman web menjadi lebih terjamin [5].
2.10.1 Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP
Bahasa pemrograman PHP mempunyai beberapa kelebihan antara lain :
1. Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melaksanakan sebuah kompilasi dalam penggunaannya.
2. Web Server yang mendukung PHP sanggup ditemukan dari mulai IIS hingga dengan Apache, dengan konfigurasi yang relatif mudah.
3. Dalam sisi pengembangan lebih mudah, lantaran banyaknya milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
4. Dalam sisi pemahaman, PHP ialah bahasa scripting yang paling gampang lantaran rujukan yang banyak.
5. PHP ialah bahasa open source yang sanggup digunakan di banyak sekali mesin (linux, unix, windows) dan sanggup dijalankan secara runtime melalui consoleserta juga sanggup menjalankan perintah-perintah sistem.
6. PHP diterbitkan secara gratis dan sanggup diambil oleh siapa saja.
2.10.2 Proses Eksekusi Kode PHP
Proses sanksi kode PHP yang disisipkan pada halaman HTML yang dijelaskan pada gambar dibawah ini.
Gambar 2.5 : Proses Eksekusi Kode PHP
PHP mempunyai fungsi khusus untuk mengakses MySQL. Ada sekitar 48 fungsi yang didukung PHP dalam mengakses MySQL dalam menciptakan aplikasi. Adapun yang biasa digunakan di antaranya ialah :
a. mysql_connect()
Fungsi mysql_connect ialah untuk menghubungkan PHP dengan database MySQL. Format fungsinya adalah: mysql_connect (string hostname, string username, string password);
b. mysql_select_db
Setelah terhubung ke database MySQL dengan memakai mysql_connect, langkah selanjutnya ialah menentukan database yang akan digunakan. Fungsi mysql_select_db digunakan untuk menentukan database. Format penulisan fungsinya ialah : mysql_select_db (string database, koneksi)
c. mysql_query
Dalam database MySQL, perintah untuk melaksanakan transaksi ialah perintah SQL. Sebutan untuk mengirim perintah SQL dinamakan query. Query memberi perintah kepada database untuk melaksanakan apa yang dikehendaki. Format fungsinya adalah: int mysql_query(string query, int [link_identifier] );
d. mysql_num_rows
Kegunaan dari fungsi ini ialah untuk menghitung jumlah baris yang dikenai oleh proses SQL. Format fungsinya adalah: int mysql_num_rows(int result);
e. mysql_fetch_array
Fungsi ini berkaitan dengan menampilkan data. Untuk menampilkan data, digunakan fungsi mysql_fetch_array. Dengan fungsi ini, hasil query ditampung dalam bentuk array. Format fungsinya adalah: array mysql_fetch_array(int result, int [result_type] );
2.11 Database MySQL
MySQL ialah sebuah perangkat lunak sistem administrasi basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB menciptakan MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Tidak sama dengan proyek-proyek ibarat Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing- masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial SwediaMySQL AB, di mana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya [2].
2.11.1 Perintah Dasar MySQL
Dalam menjalan MySQL dibutuhkan banyak sekali perintah untuk menciptakan suatu database, berikut ini disebutkan beberapa perintah dasar dalam memakai MySQL. Untuk menjalankan MySQL pertama kali cukup dengan mengetikkan MySQL pada Command Prompt.
Perintah-perintahnya ialah sebagai berikut :
1. Menampilkan database : SHOW DATABASE ;
2. Membuat database gres : CREATE DATABASE database ;
3. Memilih database yang akan digunakan : USE database ;
4. Menampilkan tabel : SHOW TABLE ;
5. Membuat tabel gres : CREATE TABLE tabel (field spesifikasi_field,...) ;
6. Menampilkan struktur tabel : SHOW COLUMNS FROM tabel atau DESCRIBE table
7. Mengubah struktur tabel : ALTER TABLE tabel Jenis_Pengubahan ;
8. Mengisikan data : INSERT INTO tabel (kolom1,...) VALUES (‘data_kolom1’,...); atau INSERT INTO tabel SET kolom1 = ‘data_kolom1’,...;
9. Menampilkan data : SELECT kolom FROM tabel WHERE kriteria ORDER BY kolom atau SELECT * FROM tabel ;
10. Mengubah data : UPDATE tabel SET kolom = pengubahan_data WHERE kriteria;
11. Menghapus data : DELETE FROM tabel WHERE kriteria ;
12. Menghapus tabel : DROP tabel ;
13. Menghapus database : DROP database ;
14. Keluar dari MySQL : QUIT atau EXIT
2.12 WAMP
WAMP (Windows, Apache, MySQL, PHP) merupakan Server yang sanggup dijalankan komputer tanpa memerlukan sambungan Internet. Server di komputer ini disebut dengan Local Server (LocalHost) yang mana Server ini nantinya akan kita install Website Hosting yang sudah mempunyai system CMS(Content Management System), proses instalasi WebHosting CMS di lokal server ini disebut juga proses pembuatan DataBase di Komputer/local Server(LocalHost). WampServer wajib terinstall di komputer kalau ingin menciptakan Database masing-masing WebHost.
Gambar 2.6 : Control Panel pada WAMP
2.13 GAMMU
GAMMU (Gnu's Not Unix/GNUAll Mobile Management Utilities) merupakan software yang bersifat open source yang digunakan sebagai tool. Untuk mengembangkan aplikasi ini cukup gampang diimplementasikan, dan tidak berbayar [10].
Kelebihan GAMMU dari tool SMS Gateway lainnya adalah:
a. GAMMU sanggup dijalankan di sistem operasi Linux maupun Windows.
b. Banyak device yang kompatibel di GAMMU.
c. GAMMU memakai database MySQL untuk menyimpan sms yang ada pada kotak masuk (inbox) maupun untuk mengirim pesan, sehingga sanggup dibentuk interface yang berbasis web maupun desktop.
d. Baik kabel data USB maupun serial, semuanya kompatibel di GAMMU.
e. Tidak memerlukan banyak hardware (hanya memerlukan PC + Modem), sehingga memudahkan dalam mengembangkan aplikasi dengan modal terjangkau.
Untuk melaksanakan konfigurasi GAMMU dibutuhkan file gammurc dan smsdrc :
1. File gammurc digunakan untuk konfigurasi port yang digunakan media koneksi untuk terhubung ke komputer. Selain itu, file gammurc juga digunakan untuk mendefinisikan tipe koneksi yang digunakan oleh media koneksi.
2. File smsdrc digunakan untuk konfigurasi database yang akan digunakan oleh aplikasi GAMMU.
2.13.1 Installasi Gammu
Secara default sesudah file setup di atas diinstal, file gammu terletak di direktori C:\GAMMU.
· Setting Konfigurasi Gammu
Setelah file Gammu diinstall, langkah berikutnya ialah setting konfigurasi. Setting ini dibutuhkan guna keperluan pembiasaan jenis HP dan nomor port yang akan digunakan.
1. Setting GAMMURC
Gambar 2.7 : Setting GAMMURC
2. Test koneksi GAMMU dengan HP
Gambar 2.7.1 : Tes koneksi GAMMU dengan HP
3. Install database
Gambar 2.7.2 : Install Database
4. Setting SMSDRC
Gambar 2.7.3 : Setting SMSDRC
5. Membuat service GAMMU
Gambar 2.7.4 : Install Service GAMMU
6. Menjalankan service GAMMU
7. Test mengirim SMS
8. Test mendapatkan SMS
9. Menghentikan service GAMMU
parameter port itu nanti diisi dengan nomor port sesuai lokasi colokan HP Anda. Untuk mengetahui nomor port dimana Anda colokkan HP Anda di komputer, silakan masuk ke Control Panel – Phone and Modem Options – Modem. Jika HP sudah tercolok di PC dan drivernya sudah terinstal dengan baik maka pastinya pada pecahan tersebut akan muncul nomor portnya.
Gambar 2.8 : Phone and Modem
Gambar 2.9 : Setting Modem
Gambar 2.10 : Install Gammu SMS service
Gambar 2.11 : Menjalankan service (1)
Gambar 2.12 : Menjalankan service (2)
0 Response to "Landasan Teori Teknologi Komunikasi Dan Gosip"
Posting Komentar