Memahami Structur dan ciri kebahasaan teks cerita sejarah.
( 1 ) pada tugas 1 ini kalian diminta menggali informasi sebanyak – banyaknya yang terdapat dalam tiap Paragraf sehingga kalian akan memahami bagaimana struktur teks cerita sejarah itu dibangun. Tugas kalian adalah mengumpulkan informasi yang dapat mengidentifikasi siapa dan apa saja yang terlibat dalam peristiwa itu terjadi, seperti yang dicetak miring berikut. Perhatikan secara seksama informasi yang disuguhkan setiap paragraph pada teks “ sejarah hari buruh “.
Paragraph | Informasi dalam Teks |
I | · Peritiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi ini adalah Hari buruh. · Pelaku dalam peristiwa yang dimaksud terjadi pada setiap Mei. · Peristiwa tersebut terjadi adalah kaum buruh. · Peristiwa tersebut terjadi di Amerika Serikat. · Peristiwa ini terjadi karena Federation of Organized Trades and labor unions. · Menetapkan 1 Mei sebagai hari buruh yang diperganti oleh kaum buruh diseluruh dunia. · Peristiwa ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh di Amerika Serikat menuntut pemberlakuan 8 jam kerja. Dari rentetan perjuangan inilah lahir hari buruh. |
II | · Tuntutan kaum buruh di era industry. Awal abad 19 pertama kali dilakukan oleh pekerja Cordwainers ( 1806 ) di Amerika Serikat. · Hal ini terjadi karena adanya pengetatan disiplin, pengintesifan jam kerja ( 19 – 20 jam per hari ) minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja dipabrik bagi para buruh sejak saat itu perjuangan direduksinya jam kerja menjadi agenda kelas pekerjaan di Amerika serikat. |
III | · Demonstrasi sejak april hingga 1 Mei 1886 menjalar ke berbagai kota seperti Chicago, Newyork, Detruh, Lousi Ville, Battimore, Maine, Texas, New Jarsey, dan alabama yang menyatakan buruh berkulit putih dan hitam. |
IV | · Demonstrasi dari para buruh memancing reaksi pengusaha pemerintah dan kalangan pejabat. · Chicago’s commercial Club mengeluarkan Us $ 2000 untuk membeli senjata guna demonstrasi dan sekitar 180 polisi dikerahkan dalam hal ini. · Demonstrasi tersebut berakhir dengan korban dan kerusuhan. |
V | · Pada tanggal 3 Mei 1886 di demonstrasi tersebut jatuhlah korban dari pihak buruh. 4 tewas dan puluhan lainnya terluka. Karena sebuah bom meledak dibarisan polisi yang menyebabkan para polisi menembak secara membabi buta. · Polisi melarang terhadap demonstrasi buruh, namun pada tahun 1880 dan 1 Mei 1890 kaum buruh kembali berdemonstrasi akan hal yang sama. |
VI | · Menurut rosa Luxemberg ( 1894 ) demonstrasi serupa tentang penuntutan jam kerja sudah terjadi sebelum nya di Australia pada 1856 dan kemudian singgah dieropa · Fenomena ini mempersatukan gerakan buruh sedunia dalam satu perjuangan . |
VII | · Kongres buruh internasional ( 1889 ) merupakan puncak dari persatuan gerakan buruh dunia. Kongres tersebut menghasilkan putusan jam kerja 8 jam kerja perhari. · Menyambut usulan deligasi buruh amerika serikat dengan menjadikan tanggal 1 mei sebagai hari buruh sedunia. |
VIII | · Penetapan 8 jam kerja perhari atau 40 jam kerja per minggu ( 5 hari kerja ) sebagai standar pembaruan internasional. · Putusan tersebut ditetapkan oleh ILO melalui konvensi ILO 1 tahun 1919 dan Konvensi No 47 tahun 1935 · Konvensi tersebut ditetapkan sebagai buah dari perjuangan kaum buruh diseluruh dunia untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. |
Semoga Bermanfaat
0 Response to "Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas XII halam 8 - 9 kurikulum 2013"
Posting Komentar