SOP (standard operating procedure)- atau kadang disingkat POS, adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandardisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen kualitas yang baik selalu didasari oleh POS.SOP menjadi pedoman bagi para pelaksana pekerjaan.SOP akan berbeda untuk pekerjaan yang dilakukan sendirian, untuk pekerjaan yang dilakukan secara tim, dan untuk pengawas pekerjaan tsb.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pencerahan bagi para peserta pelatihan perihal SOP dan proses penyusunannya, serta masalah-masalah yang sering terjadi sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan dan bagaimana menyelesaikannya.
Sedangkan manfaat yang bisa diperoleh peserta pelatihan antara lain:
Tujuan dan Manfaat SOP
Pelatihan ini bertujuan untuk memberi pencerahan bagi para peserta pelatihan perihal SOP dan proses penyusunannya, serta masalah-masalah yang sering terjadi sehubungan dengan pelaksanaan pekerjaan dan bagaimana menyelesaikannya.
Sedangkan manfaat yang bisa diperoleh peserta pelatihan antara lain:
- dapat memahami definisi dan pentingnya SOP
- dapat memahami siklus pemecahan masalah yang berkaitan dengan proses pelaksanaan tugas
- dapat menyusun SOP yang tepat dan jelas
- dapat mengimplementasikan hasil pelatihan di tempat kerja
Idealnya, SOP disusun oleh 1 tim yang terdiri atas:
- Penulis SOP (author)
- Pelaksana di lapangan (employee)
- Pengawas lapangan (supervisor)
- Atasan pengawas (manager)
Keuntungan adanya SOP:
- SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana, dan sarana komunikasi antara pelaksana dan pengawas, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara konsisten.
- Para pekerja akan lebih percaya diri dalam bekerja karena tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
- SOP bisa digunakan sebagai salah satu alat training dan untuk mengukur kinerja.
0 Response to "Standar Operating Procedure (SOP) "
Posting Komentar